MERDEKA BELAJAR DALAM MASYARAKAT 5.0

Authors

  • Houtman Houtman Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract—Freedom of learning that is currently booming at the moment, is essentially an effort to understand the entire acquisition and implementation of education policies to see the value or results of learning that enhance one's competency abilities. Accreditation is also not a benchmark for an institution's ability to assess quality outcomes. As a result, there needs to be an appropriate policy to measure the capabilities gathered. Indeed, of course this is not spared from the lack of agreement of the majority of people on this policy which considers that the compilation of policies takes place many students are too easy to learn while no longer following the National Examination (UN) which is actually a benchmark according to the questions in accordance with a curriculum that applies to every era. This of course coincides with "The Emergence of Society 5.0 which is the implication of the development of the industrial revolution 4.0 which transformed conventional industries to digital exponentially. The field of education will be in accordance with its coils. Adjust and adjust.

 

Keywords— Freedom of learning, Society 5.0

 

Abstrak— Merdeka belajar yang tengah booming saat ini, hakikatnya adalah upaya untuk memahamkan pada segenap pengambil dan pelaksana kebjakan pendidikan untuk melihat bahwa nilai atau hasil belajar bukanlah penentu kompetensi seseorang.  Akreditasi bukan pula  menjadi tolak ukur kemampuan sebuah lembaga dalam mencetak luaran yang berkualitas. Alhasil, perlu ada kebijakan yang tepat untuk mengukur kapabilitas lulusan. Memang, tentu saja hal ini tidak luput  dari kekurangsetujuan sebagian masyarakat atas kebijakan ini yang beranggapan bahwa nantinya ketika kebijakan itu berlangsung banyak siswa yang terlalu santai dalam belajar karena tidak lagi memikirkan Ujian Nasional (UN) yang sebetulnya itu adalah sebagai tolak ukur kemampuan kompetensi secara nasional yang materi soal-soalnya bersesuaian dengan kurikulum yang berlaku pada tiap-tiap zamannya. Hal ini tentu beriring dengan "Kemunculan Masyarakat 5.0 yang  merupakan implikasi dari perkembangan pesat revolusi industri 4.0 yang mengubah tatanan industri konvensional ke digital secara eksponensial. Medan pendidikan akan berada dalam kumparannya. Menyesuaikan dan disesuaikan.

 

Kata Kunci— Merdeka belajar, Masyarakat 5.0

References

Fukuyama, Mayumi. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Societyâ€. Japan SPOTLIGHT • July / August 2018. P.47—50. https://www.jef.or.jp/journal/pdf/220th_Special_Article_02.pdf

Hendarsyah, Decky. E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. Desember 2019, Vol.8, No.2: 171-184

Putra, Pristian Hadi. “Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0â€. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol. 19, No. 02, Desember 2019, 99 – 110

Riyanta, Stanislaus. “Merdeka Belajar dan Ruu Sisdiknas†(https://jurnalintelijen.net/2020/02/12/merdeka-belajar-dan-ruu-sisdiknas/)

Wibawa, Ramadhan Prasetya, Dinna Ririn Agustina. “Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesiaâ€. Equilibrium, Volume 7, Nomor 2, Juli 2019. P. 137—141.

https://www.unja.ac.id/2020/01/02/konsep-merdeka-belajar-kemana-arah-pendidikan-indonesia/

https://nasional.tempo.co/read/1325069/politikus-pdip-jabar-meninggal-karena-corona-sempat-dikira-dbd

https://www.kompasiana.com/zikrillah27846/5e159b9dd541df3cb13b7454/belajar-merdeka atau-merdeka-belajar

https://mediaindonesia.com/read/detail/278427-merdeka-belajar-menuju-pendidikan-ideal

https://www.kompasiana.com/mnajibabdulloh/5df792f6d541df1ac32fa992/transformasi-kehidupan-masyarakat-5-0-society-5-0

https://www.liputan6.com/tekno/read/4087208/kegagapan-dunia-hadapi-perkembangan-masyarakat-50

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/197889/mengenal-society-50-transformasi-kehidupan-yang-dikembangkan-jepang

Downloads

Published

2020-04-26