KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA

Authors

  • Agus Heru Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— The problem in this research is how is the influence of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) cooperative learning strategy on the ability to tell the idol figure by expressing the identity of the character, excellence and reasons to idolize it by using good and correct Indonesian Language in Grade VII students of SMP Negeri 43 Palembang. The purpose of this study was to determine and describe the effect of the use of STAD cooperative learning strategies on the ability to tell the idol figure by expressing the character's identity, excellence and reasons for idolizing it using good Indonesian. The research method used is an experimental research method. The variables in this study are the STAD (X) cooperative learning strategy and the ability to tell the idol (Y). The sample in this study was class VII.3 Palembang 41 State Junior High School totaling 36 students. Data collection techniques in this study are test techniques, interview techniques and documentation techniques. Based on the results of the analysis of research data it can be concluded that the average value of the 76.77 experimental class and the total number of students who reached 83.33% of students, while the control class of only 76. 63 students who did not complete as many as 66.66% of students. Because thiting> ttable or 0. 93> - 1.67, it can be concluded that Ha is accepted. This means that there is an influence of the STAD cooperative learning strategy on the ability to tell the idol figure by expressing the character's identity, excellence and reasons for idolizing it by using good Indonesian language in class VII students of SMP Negeri 43 Palembang.

 

Keywords— Cooperative Strategy Students Teams Achievement Divisions (STAD).

 

Abstrak— Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Students Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan dan alasan mengidolakannya dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada siswa kelas VII SMP Negeri 43 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif STAD terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan dan alasan mengidolakannya dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif STAD (X) dan kemampuan menceritakan tokoh idola (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.3  SMP Negeri 41 Palembang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 76.77 serta jumlah siswa yang tuntas mencapai 83.33% siswa, sedangkan kelas kontrol yang hanya 76. 63 siswa yang tidak tuntas sebanyak 66.66% siswa. Karena thiting > ttabel atau 0. 93 > - 1.67, maka dengan demikian dapat disimpulkan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif STAD terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan dan alasan mengidolakannya dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik pada siswa kelas VII SMP Negeri 43 Palembang.

 

Kata Kunci— Strategi kooperatif Students Teams Achievement Divisions (STAD). 

References

Aminudin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Jakarta: Sinar Baru.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Prabik. Jakarta: Rineka Cipta.

Krisdalaksana. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

http://ringkasanmateriku.blogspot.co.id/2012/01/tokoh-idola.html.

http://ringkasanmateriku.blospot.co.id/2012/01/tokoh -idola.html.

http://www.temukanpengertian.com/2015/09/pengertian-tokoh.html?m=#

http://muhammadharistribakti.blogspot.co.id/2013/03/evaluasi-pembelajaran-teknik-tes-dan.html

http://mariamasihidup.blogspot.co.id/2013/11/penilaian-non-tes-wawancara.html

Pusat Bahasa Depdiknas, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjiman, Panuti. 1988. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperatif Learning. Yogjakarata: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Guntur Henry.2008.Menulis.Bandung: Angkasa.

Tim Penyusunan. 2015. Pedoman Penelitian Skripsi Palembang: FKIP Univ. PGRI.

Downloads

Published

2020-04-26