PERAN KUALITAS PENDIDIKAN, BIAYA PENDIDIKAN, LOKASI DAN CITRA MEREK DALAM MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI XYZ

Authors

  • Didin Hikmah Perkasa Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Wawas Bangun Tegar Sunaryo Putra Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

Abstract

Abstract— This research is motivated by the high level of university competition, where more than 300 private tertiary institutions in Kopertis III area compete to create sustainable competitive advantage. The main purpose of this study is to analyze the role of education quality, education costs, location and brand image in influencing students' interest in choosing tertiary institutions. The method used in this research is multiple linear regression method, by testing the F Test and t Test. Furthermore, data processing is carried out using the SPSS program. The results show that there is a significant influence between the quality of education, the cost of education and brand image on the interests of students choosing XYZ colleges, while location is found to have no effect.

 

Keywords— Education Quality, Education Costs, Location, Brand Image, Students’ Interest in Entering University

 

Abstrak— Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya tingkat kompetisi perguruan tinggi, dimana lebih dari 300 perguruan tinggi swasta dalam wilayah kopertis III bersaing untuk menciptakan sustainable competitive advantage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran kualitas pendidikan, biaya pendidikan, lokasi dan citra merek dalam mempengaruhi minat siswa memilih perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda, dengan melakukan pengujian Uji F dan Uji t. Selanjutnya, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pendidikan, biaya pendidikan dan citra merek terhadap minat siswa memilih perguruan tinggi XYZ, sementara lokasi ditemukan tidak berpengaruh.

 

Kata Kunci— Kualitas Pendidikan, Biaya Pendidikan, Lokasi, Citra Merek, Minat Masuk Perguruan Tinggi 

References

Alexander, L.Biel. 2012. Converting Image Into Equity†Journal of Advertising Research. Chapter 5. California.

Augusty, Ferdinand. 2011. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Shimp Terence. 2013. Periklanan dan Promosi. Erlangga, Jakarta.

Abbas Ghozali. 2012. Manajemen Keuangan dan Aktualisasi Syar’iyyah Modern. Journal of Advertising Research . Yogyakarta.

Batra, R. & Homer, P. 2014. The situational impact of brand image beliefs. Journal of Consumer Psychology, 14(3), pp. 318–330.

Bitner, M. J. dan Zeithaml, V. A. 2013. Service Marketing (3rd ed.), Tata McGraw Hill, New Delhi.

Buchori (2012:45). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alvabeta: Bandung.

Buchori, Mochtar.2011. Evaluasi Pendidikan di Indonesia, dari Kweekshool Sampai ke IKIP:1815-1998. Insist Press:Yogyakarta.

Buchari, Alma. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alvabeta: Bandung.

Chandra, Handi. 2011. Marketing untuk Orang Awam, Maxikom, Palembang.

Conley, 2011. The influence of interest on the quality of the material. Journal of Advertising Research. California.

D.Carson . 2013. Marketing for small-to-medium enterprises, Oxford. Journal of Advertising Research. New Delhi.

Edward Sallis, 2015. Total Quality Management in Education. Jogjakarta:IRCiSoD.

Hamdani Lupiyoadi,. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Joseph L. Massie (2012: 215). Public Relations. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Joseph L. Massie 2012. Dasar-Dasar Manajemen Edisi Ke 3 . Jakarta: Erlangga.

Karyati, Sukirno. 2016. Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Biaya Pendidikan terhadap Minat Melanjutkan Studi.

Kotler Philip (2012:8). Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kotler (2014: 8). Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler Philip. 2012 Manajamen Pemasaran, Jilid 3 dan 4. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler keller (2012:53). Manajemen Pemasaran (Terjemahan) Jilid 9. Jakarta : PT. Prehallindo.

Manhard. 2018. Brand Image Dan Lokasi Mempengaruhi Terhadap Minat Mahasiswa Masuk Ke Perguruan Tinggi Dan Status Ekonomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Manajemen Stie Mahaputra Riau).

Massie, Joseph L. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Edisi Ke Tiga. Jakarta: Erlangga.

Pradityas, Karina. 2011. Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Diploma Iii Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Rambat Lupiyoadi, (2014:127). . Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Rambat Lupiyoadi, 2014. Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Diploma Iii Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Robbins (2013:90), Etika Kehumasan Konsepsi dan Aplikas, Edisi Revisi ke-4. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins. 2013. Pengaruh Efektifitas Sistem Informasi Akuntansi Universitas dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Santoso, Singgih dan Tjiptono, Fandy. 2001. Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Supriadi. 2010. Etika Kehumasan Konsepsi dan Aplikas, Edisi Revisi ke-4. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. 2012. Total Quality Management, Yogyakarta : Andi

Tjiptono. 2012. Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Waluyo. 2018. Analisa pengaruh lokasi, biaya dan kualitas pendidikan terhadap minat siswa memilih sekolah SMA Muhammadiyah 2 Mojosari di Mojokerto

Downloads

Published

2020-04-26