PENERAPAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Meilani Safitri

Abstract


Abstract— This research is a descriptive qualitative type of research carried out at SMP Angkasa Solo. The 30 subjects of class VII were the subjects of the study. In its implementation the edmodo application is used as a means and medium of learning mathematics with the aim of training the independence of student learning. Based on the results of data analysis that has been done, it can be used to complete edmodo in effective mathematics learning in students' learning independence training up to 83.7%.

 

Keywords—  edmodo, mathematics, learning, independence

 

Abstrak— Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Angkasa Solo. Adapun yag menjadi subjek penelitian adalah 30 orang siswa kelas VII. Dalam pelaksanaannya aplikasi edmodo digunakan sebagai sarana dan media belajar matematika dengan tujuan melatih kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan edmodo dalam pembelajaran matematika efektif dalam melatih kemandirian belajar siswa hingga angka 83.7%.

 

Kata Kunci— edmodo, matematika, pembelajaran, kemandirian


Full Text:

PDF

References


Amiroh. 2013. Antara Moodle, Edmodo dan schoology. Diambil tanggal 15 Desember 2019 dari http://amiroh.web.id/antaramoodle-edmodo-dan-schoology/

Basori. 2013. Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK. Vol VI, No. 2. (Online, diakses 15 Desember 2019).

Suriadhi, Gede. 2014. Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 2 Singaraja. Journal Edutech. Vol. II No. 1. (Online diakses 5 Desember 2019).

Hayati, Annur Fitri & Santihosi, Rosida Evi. 2013. E-Learning dengan Aplikasi Edmodo. (Online diakses 8 Desember 2019).

Ainiyah & Puspasari. 2015. Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di Smkn 1 Surabaya. Jurnal. Surabaya: UNESA.

Moleong, Lexy J. 2011. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2008. Disain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satua Pendidikan. Jakarta: Gsung Persada Press.

Mujiman, Haris. 2006. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pratiwi, Inung & Widayati, Ani. 2012. Pembelajaran Akuntansi Melalui Reciprocial Teaching Model Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar dalam Materi Mengelola Administrasi Surat Berharga Jangka Pendek Siswa Kelas X Akuntansi I SMK Negeri 7 Jogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, 2012: Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia Vol. X, No.2, (Online diakses 18 Desember 2019).


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.