PENERAPAN PENDEKATAN PMRI BAGI RELAWAN KOMUNITAS PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Tria Gustiningsi Universitas Sjakhyakirti
  • Rahma Siska Utari Universitas Sjakhyakirti

Abstract

Abstract— The existence of a social community in education is one of the solutions for underprivileged children and dropping out of school in order to get decent education for free. However, volunteers who teach specifically in teaching mathematics must have knowledge of the learning approach so that students are interested and easily understand the material. One approach that can be applied is the PMRI (Indonesian Realistic Mathematics Education) approach. PMRI has principles and characteristics. The principle of PMRI is guided re-invention through progressive mathemizing, didactical phenomenology, and self-developed models. The characteristics of PMRI are use contextual problems, use models or bridges with vertical instruments, use student contributions, interactivity, and integrated with other learning topics. Based on the principles and characteristics, the PMRI approach is very interesting and can bridge students to understand the material.

 

Keywords— PMRI, Social Community, Mathematics Learning 

 

Abstrak— Adanya komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan merupakan salah satu solusi bagi anak yang kurang mampu dan putus sekolah agar dapat mendapatkan pendidikan yang layak secara gratis. Namun, relawan yang mengajar khususnya dalam mengajarkan mata pelajaran matematika harus dibekali dengan pengetahuan mengenai pendekatan pembelajaran agar siswa tertarik dan mudah memahami materi. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). PMRI memiliki prinsip dan karakteristik. Prinsip PMRI yaitu penemuan kembali  secara terbimbing melalui matematisasi progresif, fenomena didaktik, dan model-model yang dikembangkan sendiri. Karakteristik PMRI yaitu menggunakan masalah kontekstual,menggunakan model atau jembatan dengan instrumen vertikal, menggunakan kontribusi siswa, interaktivitas, dan terintegrasi dengan topik pembelajaran lain. Berdasarkan prinsip dan karakteristiknya, pendekatan PMRI sangat menarik dan dapat menjembatani siswa dalam memahami materi.

 

Kata Kunci— PMRI, Komunitas Sosial, Pembelajaran Matematika

References

DPR RI. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DPR RI

Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Technipress: Culemborg, Netherland.

Ismayani, Ani. 2016. “Pengaruh Penerapan Stemproject-Basedlearningterhadapkreativitas Matematissiswa SMK.†Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3 (4), 264 – 272.

Johar, Rahma. 2010. Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan Relevansinya dengan KTSP. https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/378. diakses 7 Januari 2020.

Sembiring, Robert K. 2010. “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya.†IndoMS. J.M.E, 1 (1), 11-16.

Wahidin & Sugiman. 2014. “Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Prestasi Belajar.†PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1), 99-109.

Downloads

Published

2020-04-26