OPTIMASI PEER TEACHING SEBAGAI MEDIA MENGEMBANGKAN SOFTSKILL PESERTA DIDIK

Authors

  • Anita Anita Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Abstract

 

Abstract— Peer teaching is student-centered learning, in which case students learn from other students who have the status of age, maturity/self-esteem not much different than himself. This situation is expected to increase the sense of comfort while learning and increase the concentration of learners. Optimization needs to be made in order to target peer teaching and more efficiently. In fact, the optimization of peer teaching aims not only to improve the academic achievement of learners but also focuses on the development of softskills in the form of interpersonal communication skills and communication in public.

Keywords— Peer teaching, optimization, softskill 

 Abstrak— Pembelajaran teman/tutor sebaya adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa, dalam hal ini siswa belajar dari siswa lain yang memiliki status umur, kematangan/harga diri yang tidak jauh berbeda dari dirinya sendiri. Situasi ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nyaman saat belajar dan meningkatkan konsentrasi peserta didik. Optimasi perlu dilakukan agar metode peer teaching tepat sasaran dan lebih efisien. Pun, optimasi peer teaching bertujuan bukan hanya untuk meningkatkan capaian akademik peserta didik namun juga berfokus pada pengembangan softskill berupa kemampuan komunikasi interpersonal maupun komunikasi di depan publik.

 Kata Kunci— Tutor sebaya, optimasi, keterampilan

References

Ardiansyah, R. (2010, September). Information for Human Being. Retrieved January 6, 2020, from Pengertian Softskill dan Penjelasannya: https://hiddengrazz.blogspot.com/2010/09/pengertian-softskill-penjelasannya.html

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang: Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: CV Aneka Ilmu.

Longaretti, L. (2012). Centre for Development of Teaching and Learning (CDTL). Singapore: National University of Singapore.

Prasetya, D. J., & Kholis, N. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Peer teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK N Nusawungu. Pendidikan Teknik Mekatronika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Taher, B. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Cara Pencegahan Penyakit HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Manado. E-journal Keperawatan ,1.

Downloads

Published

2020-04-26