INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KREATIF SEBUAH UPAYA PENGEMBANGAN KUALITAS PENDIDIKAN

Authors

  • Darusman Darusman Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang
  • Firman Kasbih Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— This article discusses the Learning Innovation of Creative Education, as an effort to develop the quality of education. Based on the results of the field shows that creativity gives good results on learning, methods, approaches or special ways very good impact in improving creative works of art. The target is not only students, but elementary school teachers who have explored their creative potential. Because in reality a creative teacher who plays a role in efforts to improve the quality of his education has a significant impact, one of which is to hone his hidden creative potential in the teacher. The goal is that all elements of education have a high dedication to developing the quality and quality of education expected.

 

Keywords— Innovative, creativity, learning.

 

Abstrak— Artikel  ini membahas tentang Inovasi pembelajaran Pendidikan Kreatif, sebagai upaya pengembangan kualitas pendidikan. Berdasarkan hasil lapangan menunjukkan bahwa kreativitas memberikan hasil yang baik terhadap pembelajaran, metode, pendekatan atau cara-cara khusus sangat berdampak baik dalam meningkatkan hasil karya seni yang kreatif. Target yang dituju tidak hanya siswa, tetapi guru-guru sekolah dasar yang dieksplorasi potensi kreatifnya. Karena pada kenyataannya seorang guru kreatif yang berperan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikannya mempunyai dampak yang signifikan, salah satunya adalah dengan mengasah potensi kreatifnya yang tersembunyi dalam diri guru. Tujuannya adalah semua elemen-elemen pendidikan mempunyai dedikasi tinggi terhadap pengembangan kualitas dan kualitas pendidikan yang diharapkan.

 

Kata Kunci— Inovatif, kreativitas,  pembelajaran.

 

References

Amir, M. Taufiq. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning (bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Danim, Sudarwan. (2010). Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Dewantara, Ki Hadjar. (1962). Pendidikan (Bagian Pertama). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Fit--------------------------------. “Inovasi Pendidikan di Sekolah Dasarâ€. SAP dan Handout Perkuliahan.

Florence, Beetlestone. (2011). Creative Learning (Strategi Pembelajaran Untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa). Bandung: Nusa Media.

Joyce, Bruce. Weil, Marsha. Calhoun, Emily. (2011). Models of Teaching (Model-model Pengajaran).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munandar, Utami. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan (strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rohani, Ahmad. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supriadi, Dedi. (1994). Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta. riani, Yulianti. (2011). “Relativisme Budaya dalam Perkembangan Nilai dan Kreativitasâ€. Artikel.

Suryadi, Ace. (2009). Mewujudkan Masyarakat Pembelajar (konsep, kebijakan, dan implementasi). Bandung: Widya Aksara Press.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (konsep, landasan teoritis – praktis dan implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Downloads

Published

2020-04-27