INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KREATIF ANAK USIA DINI (Kajian terhadap Model-Model Pendidikan Anak Usia Dini)

Authors

  • Dianika Septiatiek TK Aisyiyah Bustanul Athfal 19 Palembang

Abstract

Abstract— Early childhood education in Indonesia has developed rather significantly within a few years. There are many models of early childhood education that can become people’s choice for their children’s education.Starting from day care center (TPA),Playgroup till kindergarten (TK/RA).These early childhood education models of for several excelent program, either a halfday or fullday.Halfday means education that lasts for half day, while full day means education that takes place for a day full.The objective of this writting is to describe the early childhood education models and their innovations.Completed with the analysis of strengths and weakness of each available model.It is expected that this writting can be a references for parents to choose and decided the fast and best education for their children,which is suitable with their own interest,talent and ability.Then there will be so many innovations in early childhood  education will can be facilitation children growth optimaly, and in the next time can be present the indonesian development.

 

Keywords— models,innovations and Early childhood education

 

Abstrak— Pendidikan anak usia dini di Indonesia sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun ini. Banyak model pendidikan anak usia dini yang dapat menjadii pilihan masyarakat untuk pendidikan buah hatinya. Mulai dari Daycare Center(TPA), Play Group sampai Taman Kanak-anak (TK/RA). Model-model pendidikan anak usia dini tersebut menawarkan beberapa program unggulan, baik yang sifatnya halfday maupun fullday. Halfday merupakan pendidikan yang berlangsung setengah hari, sedangkan fullday ialah pendidikan yang berlangsung satu hari penuh. Tujuan dari penulisan ini ialah untuk menggambarkan model-model pendidikan anak usia dini beserta Inovasinya di yang dilengkapi dengan analisis keunggulanan kelemahan masing-masing model yang ada. Harapannya hal ini dapat dijadikan sebagai referensi orang tua dalam memilih dan menentukan pendidikan cepat dan terbaik untuk buah hatinya yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan masing-masing. Dengan demikian, semakin banyaknya ragam dan inovasi pendidikan anak usia dini akan dapat memfasilitasi tumbuh kembang anak dengan optimal, sehingga kedepannya mampu mewujudkan Indonesia yang berkemajuan.

 

Kata Kunci— model, inovasi, dan pendidikan anak usia dini

References

Kemendiknas. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.

Morrison. George S. 2012.Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Permendiknas No. 58 tahun 2009 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

Depdiknas.Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional https://docplayer.info/31297081-Ragam-dan-inovasi-pendidikan-anak-usia-dini-di-indonesia-kajian-terhadap-model-model-pendidikan-anak-usia-dini.htmldiakses pada 7 Januari2020

Downloads

Published

2020-04-27