EVITALISASI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN DASAR

Fitria Fitria, Elvi Juniarti

Abstract


Abstract The appearing of several violences, dishonesty, drugs, free-sex, as well as other things that endanger the existence of national generation. To strengthen and develop the glorious characters of elementary school students in their daily lives, the principal roles and function are required optimally. Some of the roles that should be performed by principal of a primary school level is as planner, actor, supervisor and evaluator to control all activities related to development and actuating the value which is agreed at the school. The effort is believed to provide sufficient supplies/ modal to students, so that students are expected to have the optimal competence to compete in life and wherever they are.

 

Keywords Principal roles, manager, students.

 

AbstrakMencuatnya beberapa tindakan kekerasan, ketidakjujuran, penyalahgunaan obat terlarang, sek bebas serta hal lain membahayakan eksistensi generasi bangsa. Untuk menguatkan dan mengembangkan karakter luhur siswa pendidikan tingkat dasar dalam kehidupan seharihari, maka peran dan fungsi kepala sekolah diperlikan secara optimal. Beberapa peran yang dapat dimainkan oleh kepala sekolah pada tingkat dasar adalah peran sebagai seorang perencana, pelaksana, pengontrol serta sebagai evaluator guna mengontrol atau memastikan bahwa semua aktivitas tersebut terkait terhadap pengembangan dan penumbuhkembangan nilai-nilai yang telah disepakati pada sekolah bersangkutan. Us aha ini diyakini cukup efektif untuk memberikan modal bagi siswa, sehingga siswa diharapkan mempunyai kompetensi memadahi untuk berkompetisi dimanapun dia berada.

 

Kata KunciPeran kepala sekolah, manager, siswa


Full Text:

PDF

References


Abdullah Munir, Menjadi Kepala Sekolah Efektif. (Jogjakarta: Ar-Ruzz

Ahmad Salim, Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah, Sebuah Konsep dan Penerapannya, (Yogyakarta, SabdaMedia, 2013)

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 20 13)

Aliyah Hasan B. Purwakania, Psikologi Perkembangan Islami (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006)

Asep Saifullah Hidayat, Manajemen Sekolah Berbasis karakter, (Garut, Jumal Inovasi danKewirausahaan, N o.I Januari 2012.

Dharma Kesuma, dkk, Pendidikan Karakter, kajian Teori dan Praktik di Sekolah, (Bandung; RemajaRosdaKarya, 2011)

Hibana S Rahman, Konsep PAUD, (Yogyakarta: Bina Insan Mulia press, 2004)

Hidayat Syarrt: Demokratisasi dan Desentralisasi Pendidikan, Paradigma Baru Pendidikan Nasional Menuju Terwujudnya Masyarakat Madani, dalam Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru 70 Tahun Prof Dr. Tzlar (Jakarta: PT. Grasindo, 2002)

Jujen Musfah, Membumikan Pendidikan Holistik (Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif) (Jakarta; Kencana Prenada Media Group, 20 12)

Kemenag, Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: Lapis, 2008)

Kementerian Pendidikan NasionaL Badan Penelitian danPengembangan Pusat Kurikulum Pengembangan Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa, Panduan Sekolah, (Jakarta, 2011)

Lynne Cameron, Teaching Language To Young Learners, (England, Cambridge University press)

Malik Fajar, Pengembangan Pendidikan Islam Yang Menjanjikan Masa Depan, Pidato llmiah, IAIN SunanAmpel Malang, 1995

Marzuki, Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (Makalah Seminar Pendidikan karakter dengan Tema, Intemasisasi Pendidikan Karakter Melalui Proses Pembelajara)

Muhammad Yaumi, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, (Jakarta: Prenada Media Group, 2013)

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung; Remaja Rosdakarya, 2005)

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung; Remaja Rosda Karya, 1999)

Permen Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, depdiknas. ac.id. diakses pada 12 Oktober 2013

Satriyo, Karakteristik Perkembangan Peserta Didik Anak Mas a Sekolah, pba-iainsu. diakses, 27 November 2013

Sukron Kamil, Pemikiran Politik Islam Tematik, (Jakarta; Pren

Thomas Lickona (1999) Religion and Chapter Education, Phi Delta Kappa, 00317217, Sep.1999, Vol. 81. Issue 1.

Tilar, Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi, Visi, Misi dan Aksi Pendidikan dan Pelatihan Menuju 2020, (Jakarta)


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.