PENINGKATAN QUALITY ASSURANCE MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS

Hermiliah Hermiliah, Wini Dwi Pahlawanti, Happy Fitria

Abstract


Abstract Quality has become a critical issue in modern competition today,and it has become a burden for middle managers.In the abstract level the quality has been defined by two important experts namely Joseph Juan and Edward Deming. Quality assurance in education is a necessitry along with the occurrence of global turbulence. Understanding the quality of education concerns the reflection of the nature of management. Every education is always designed with the aim of having a permanent or long-term influence on changes in behavior.The purpose of this research was to determine school management in improving the quality of education, by covering eight national education standards. This research uses a qualitative approach with descriptive methods, data collection techniques carried out through interview guidelines, observation and documentation. The research subjects were the principal, supervisor and teachers at SMP Negeri 2 Prabumulih. The results of this research have been found (1) school program planning, (2) school program implementation, which is a strategy implemented to achieve improvement in the quality of education and (3) obstacles in school progrsm planning, including lack of community participation and economic difficulties so that their support for school management come low. Therefore, after graduated their education, the students are expected to develop.

Keywords Improving the quality of education

 

AbstrakKualitas telah menjadi isu kritis dalam persaingan modern dewasa ini, dan hal itu telah menjadi beban tugas bagi para manager menengah. Dalam tataran abstrak kualitas telah didefinisikan oleh dua pakar penting bidang kualitas yaitu Joseph Juran dan Edward Deming. Mereka berdua telah berhasil menjadikan kualitas sebagai mindset yang berkembang terus dalam kajian managemen, khususnya managemen kualitas. Quality assurance dalam dunia pendidikan adalah suatu keniscayaan seiring dengan terjadinya turbulensi global, pengertian mutu pendidikan menyangkut refieksi dari sifat manajemen. Setiap pendidikan selalu dirancang dengan tujuan memberi pengaruh permanen atau jangka panjang terhadap perubahan tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan meliputi delapan standar pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengawas dan guru pada SMP Negeri 2 Prabumulih. Hasil penelitiannya ditemukan: (1) Perencanaan program sekolah; (2) Pelaksanaan program sekolah yaitu strategi yang diterapkan untuk tercapainya peningkatan mutu pendidikandan (3) Hambatan dalam perencanaan program sekolah, antara lain kurangnya partisipasi masyarakat dan kesulitan ekonominya sehingga dukungan mereka terhadap manajemen sekolah ikut rendah. Oleh karena itu setelah tamat pendidikan, peserta didik diharapkan dapat berkembang.

 

Kata KunciPeningkatan kualitas mutu Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Daar dan Menengah KEMENDIKBUD, Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah

Direktorat Jenderal Pendidikan Daar dan Menengah KEMENDIKBUD, Petunjuk Pelaksana Penjaminan Mutu Pendidikan oleh Satuan Pendidikan, 2017

Edward Sallis, Total Quality Management in Education. (London: Kogan Page, 2006

Edward Sallis, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, (Jogyakarta : IRCiSoD, 2010),

Jennifer Rowley, “A New Lecturer's Simple Guide to Quality Issues in Higher Education, dalam International Journal of Education Management, (9,1, 1995), hlm. 24-27.

Jerome S. Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan Dan Tata Langkah Penerapan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)

Meinsheiner, C. G. Quality Assurance, A Complete Guide to effective Program, AS Aspen Lab. Marlyland, 1985, hal. 9.

Sugiono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, N.S, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja

Suranto, Manajemen Mutu Dalam Pendidikan, (Semarang:CV. Ghyyas Putra, 2009),

Usman, Husaini, Peran Baru Administrasi Pendidikan dari Sistem Sentralistik Menuju Sistem Desentralistik, dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Februari 2001, Jilid 8, Nomor 1.

Yacobalis, Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit, Persi, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.