PEMANFAATAN VIDEO CONFERENCE SEBAGAI MEDIA PERMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Herni Ari Subekti, Nubaiti Nubaiti, Masilawati Masilawati, Happy Fitria

Abstract


AbstractInformation and communication technology has evolved along with globalization, so that interaction and delivery of information will take place quickly. This has a great impact on social activities to communicate, work and use information technology for various aspects of life including education. Education as a means and vehicle for developing human resources for the country's growth and development, it is time to change the paradigm of the conventional learning process into a process that is full of experience and meaning. Based on observations of research objects in SMK Negeri 2 Prabumulih the conventional learning process resulted in the learning objectives not being achieved. For this reason, this research was conducted at SMK Negeri 2 Prabumulih by utilizing digital technology and communication in the form of Video Converence as an Interactive Learning Media in increasing student interest in learning. The results of this study indicate: Utilization of Video Coverence as an interactive learning medium demonstrates practicality and effectiveness. Practicality is obtained based on the results of the teacher and student assessment of learning media, where the average teacher's assessment of the media is in the very practical category and the average student assessment of the media is in the very practical category. Effectiveness is obtained based on observations of teacher activity on the use of instructional media, where the average assessment of teacher activity on the use of media is in the very effective category.

 

Keywords - Video Conference , Interactive Learning Media , SMK Negri 2 Prabumulih

 

AbstrakTeknologi informasi dan komunikasi telah berkembang seiring dengan globalisasi, sehingga interaksi dan penyampaian informasi akan berlangsung dengan cepat. Hal ini memberikan dampak yang besar pada aktifitas sosial untuk melakukan komunikasi, bekerja dan pemanfaatan teknologi informasi untuk berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan.  Pendidikan sebagai sarana dan wahana pengembangan SDM guna pertumbuhan dan perkembangan negara, sudah saatnya mengubah paradigma proses pembelajaran yang konvensional menjadi suatu proses yang penuh dengan pengalaman dan bermakna.  Bardasarkan observasi objek penelitian di SMK Negeri 2 Prabumulih proses pembelajaran konvensional mengakibatkan tujuan pembelajarn tidak tercapai. Untuk itu Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Prabumulih dengan memanfaakan teknologi dan komunikasi digital dalam bentuk Video Converence sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan : Pemanfaatan Video Coverence sebagai media pembelajaran interaktif menunjukkan kepraktisan dan keefektifan.  Kepraktisan diperoleh berdasarkan hasil penilaian guru dan siswa terhadap media pembelajaran, dimana rata-rata penilaian guru terhadap media berada pada kategori sangat praktis dan rata-rata penilaian siswa terhadap media berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan diperoleh berdasarkan hasil observasi aktivitas guru terhadap penggunaan media pembelajaran, dimana rata-rata penilaian aktivitas guru terhadap penggunaan media berada pada kategori sangat efektif.

 

Kata Kunci— Video Conference, Media Pembelajaran Interaktif, SMK Negeri 2 Prabumulih

Full Text:

PDF

References


Agus Haryawan. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Pendukung Kuliah Jaringan Komputer Di Politama(Online), Vol. XIV, No. 1, (http://ejournal.politama.ac.id/index.php/polit eknosains/article/view/139/ 163, Diakses 20 Maret 2016).

Andi Darussalam. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif (Blog) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Sub Kompetensi Dasar Merancang Website(Online), Vol. 3 No. 2, (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/ article/view/12055/15656, Diakses 20 Maret 2016).

Aprinal Adila, Yustini & Guspian, Reza. 2009. Video Streaming dengan VideoLan Project(Online), Vol. 1, No. 2, (http://download.portalgaruda.org/ article.php?article=58441&val=4379), Diakses 7 September 2016).

Arda. Saehana, Sahrul. & Darsikin. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII(Online), Vol. 3, No. 1, (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Mit raSains/article/viewFile /4156/3092, Diakses 20 Maret 2016).

Ariona, Rian. 2013. Belajar HTML dan CSS: Turorial fundamental dalam mempelajari HTML & CSS(Online), (http://www.ariona.net/ebook-belajar-html- dan-css/, Diakses 2 Maret 2016).

Arwizet K. 2014. Pendidikan Kejuruan Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kualitas Human Capital. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 (139-149). Bandung: FPTK Universitas Pendidikan Indonesia.

Basyiruddin Usman dkk. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum.Depdiknas.

Djojonegoro, Wardiman. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset.

Hidayanto, Dwi N. 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru Bahan Pelatihan Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Samarinda: FKIP Universitas Mulawarman.

Master Dukom. 2011. Menjadi Master Website dalam Hitungan Menit. Bekasi: Dunia Komputer.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pandev, Harsha & Pande, P. Video conferencing: An Efficient E-Learning Tool for Distance Education. International Journal of Innovation and Scientific Research(Online), vol. 10, No 2

(http://www.ijisr.issr-journals.org/abstract.php?article=IJISR-14- 185-01, Diakses 7 September 2016).

Pemerintah Republik Indonesia. 2002. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan DanPenerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Rohit. & Sharma, Himanshu. 2013. Performance Measurement and Analysis of Video Conferencing. International Journal of Computer Applications (online), Vol. 69, No. 16 (research.ijcaonline.org/volume69/number16/ pxc3888129.pdf, Diakses 7 September 2016).

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar(Online).(https://makalahmu.wordpress.com/2011/08/24/media-pembelajaran/, Diakses 10 Februari 2016).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tessmer, M. & Richey, R. 1997. The role of context in learning and instructional design. Educational Technology Research and Development.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.