PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI 4 SEMBAWA KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Jum Hartati Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— Teacher is a critical success through performance in providing teaching. Academic supervision is one of the principal aspects that support the improving teachers’ teaching performance. The problem of this reseach is how influence the implementation of academic supervision towards teacher performance in learning activities in SDN 4 Sembawa Kabupaten Banyuasin. This study is an ex post facto reseacrh, through a survey using questionnaire. Data processing used simple regression analysis. The population was all of teachers in SDN 4 Sembawa Kabupaten Banyuasin amount to 15 teachers, while the study samples were 15 teachers. The results showed that between two variables of the study have positive correlation with the value 75.977, positive correlation can be interpreted that the more increasing quality of academic supervision, the more increasing the teachers performance in learning activities. The correlation of the effect of academic supervision towards teacher performance in learning indicated with a percentage of 23.2%. Recommendations based on the results of the research implementation of academic supervision, principal must pay more attention to the aspects of supervision implementation, meanwhile in teacher teaching performance, teachers should further improve their performance, especially in aspect of learning evaluation and follow-up the results of student assessment.

 

Keywords— Academic supervision, Teaching Performance, Teacher

 

Abstrak— Guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya dalam memberikan pengajaran. Supervisi akademik kepala sekolah merupakan salah satu aspek yang menunjang meningkatnya kinerja mengajar guru. Masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pelaksanaan supervisi akademik terhadap kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran di SDN 4 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, melalui survei dengan menggunakan angket. Pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SDN 4 Sembawa Kabupaten Banyuasin sebanyak 15 guru, sedangkan sampel penelitian sebanyak 15 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kedua variabel penelitian memiliki hubungan positif dengan nilai 75,977, hubungan positif tersebut dapat diartikan bahwa semakin meningkat kualitas pelaksanaan supervisi akademik, maka semakin meningkat pula kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran. Hubungan pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran ditunjukkan dengan persentase sebesar 23,2%. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian adalah hendaknya pada pelaksanaan supervisi akademik, kepala sekolah harus lebih memperhatikan aspek pelaksanaan supervisi, sedangkan dalam hal kinerja mengajar guru, guru harus lebih  meningkatkan kinerjanya terutama dalam aspek evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut hasil penilaian siswa.

 

Kata Kunci— Supervisi akademik, kinerja mengajar, guru.

References

Ali, Mohammad dan Muhammad Asrori. 2014. Metodologi dan aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asf, Jasmani dan Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathurrohman, Pupuh. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.

Mendiknas. Permendiknas 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Ruhayati, Yati, dkk. 2009. Kontribusi Layanan Supervisi, kepemimpinan Kepala Sekolah dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani SMPN se-Kota Cimahi.

Suheri, Hertien Kurniawaty. 2013. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Mengajar Guru SMS Negeri di kabupaten Suba.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Downloads

Published

2020-05-01