PEMBELAJARAN ERA DISTRUTIP MENUJU MASYARAKAT 5.0

Authors

  • M. Bambang Purwanto Politeknik Darussalam Palembang
  • Devi Devi SD N 10 Tungkal Ilir, Banyuasin
  • Nuryani Nuryani SD N 2 Tungkal Ilir, Banyuasin

Abstract

Abstract— Society 5.0 where human roles need to be balance between technology and traditional life. In modern era now days, society 5.0 makes human as the center of operating, it purposes to increase economic system by solving social problems by using integrated system in real life or cyberspace. The objective of research is clarify disruptive learning by HOTS model, method of this research used descriptive analysis. The result of research is the use HOTS method for teacher of SD N 2 Tungkal Ilir in order to implement the method in teaching learning process. The significance of research is by presenting communication and information based in modern technology was helpful for teacher in SD N 2 Tungkali Ilir in implementing learning method in era 5.0. 

 

Keywords— Learning, Disruptive, Society 5.0

 

Abstrak— Society 5.0, era dimana peran masyarakat berusaha untuk seimbang dengan hadirnya teknologi yang tidak bisa terhindarkan. Society 5.0  dengan manusia sebagai pusatnya hadir untuk memajukan ekonomi melalui penyelesaian masalah-masalah sosial dengan sistem yang terintegrasi pada ruang fisik dan maya. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan tentang pembelajaran destrutip menggunakan metode HOTS, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analysis. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah penggunaan metode HOTS bagi guru-guru SD N 2 Tungkal Ilir serta pengimplementasian metode tersebut dalam kegiatan belajar dan pembelajaran. Manfaat yang dihasilkan dari peneliian ini adalah dengan hadirnya teknologi berbasis informasi dan komunikasi sangat membantu guru-guru SD N 2 Tungkal Ilir dalam pengaktualisasian metode pembelajaran dalam era 5.0.  

 

Kata Kunci— Pembelajaran, Distruptip, Masyarakat 5.0

References

Deitje Adolfien Katuuk. 2013 Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan implementasi Kurikulum. Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Hasan Baharun, 2017. Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan Dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PA. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Rizvanda Meyliano dan Dharma Putra, 2018. Inovasi Pelayanan Publik Di Era Disrupsi ( Studi Tentang Keberlanjutan Inovasi E-Health Di Kota Surabaya )’, Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik.

Sigit Priatmoko, ‘Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0’, Jurnal Ta’lim, 1.2 (2018)

Downloads

Published

2020-05-01