STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DISRUPSI

Authors

  • Maryati Maryati SDN 5 Betung
  • Rusmida Sianturi SDN 27 Betung

Abstract

Abstract—This research is based on the study of literature which contains the strategy for implementing the character education in the era of disruption. This study aims to examine the strategy of implementing the character education in order to deal with the demands of the development of the era which almost all involve information technology. The design of this study is qualitative using the library research method. The technical data analysis used is content analysis. The strategy for implementing the character education in the era of disruption is starting from the central level, he regional level up to the level of the education unit including the addition of the allocation of learning time so students can grow and familiarize themselves with the positive character in the era of disruption towards society 5.0

 Keywords— Strategy, The Character Education, The Era of Disruption

 

Abstrak— Penelitian ini berbasis pada kajian kepustakaan yang di dalamnya berisikan tentang strategi implementasi pendidikan karakter di era disrupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi implementasi pendidikan karakter guna menghadapi tuntutan perkembangan zaman yang hampir semuanya melibatkan teknologi informasi. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Strategi implementasi pendidikan karakter di era disrupsi dimulai dari tingkat pusat, tingkat daerah sampai ke tingkat satuan pendidikan termasuk juga penambahan alokasi waktu pembelajaran sehingga peserta didik  dapat menumbuhkan dan membiasakan diri dengan karakter positif di era disrupsi menuju masyarakat 5.0.

 

Kata Kunci— Strategi, Pendidikan Karakter, Era Disrupsi

References

Afifudin, AA. (2019). Fenomena Dirupsi dalam Pendidikan Karakter. Diakses pada https://www. kompasiana.com/agstaaris_3077/5cdc4cc975065714260b0a50/regulasi-di-era-disrupsi-dalam-perubahan-karakter?page=all# pada tanggal 22 Desember 2019 pukul 09.10 WIB.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press

Dewi, Eva M.P, dkk. (2018). Tantangan Pendidikan Di Era Disruptif: Ujian Online Berbasis Smartphone Dengan Pengembangan Aplikasi xSIA. Jurnal Psikologi, 4.1.

Fathurrahman, P., dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Hamid, Ahmad Abu. (2008). Diktat Pengembangan Profesi Guru Fisika. Yogyakarta: Jurdik FMIPA UNY.

Iskandar, Mustoha. (2017). Disruption Era: Opportunity or Threat bagi Institusi Unversitas. Disampaikan pada Kuliah Umum dalam Rangka Perkuliahan Tahun Ajaran 2017/2018. Banjarmasin: Program Pasca Sarjana Lambung Mangkurat.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Mirzaqon dan Purwoko. (2017). Jurnal Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing.

Hunger, David J. & Wheelen, Thomas L. (2003). Manajemen Strategis. terj. Julianto Agung S. Cet. 16, Yogyakarta: Andi.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuh, Muhammad. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Rahardja, dkk. (2019). Inovasi Perguruan Tinggi Raharja Dalam Era Disruptif Menggunakan Metodologi i-Learning. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia Vol.13, No.1.

Setiawan, Guntur. (2004). Implementasi pada Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.

Subasman, Iman. (2018). Peran Evaluasi Pendidikan pada Era Disrupsi. Jurnal Universitas Islam Al Ihya (UNISA) Kuningan.

Undang-Undang Dasar Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya pada Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-05-01