SEKOLAH RAMAH ANAK ERA REVOLUSI INDUSTRI MENUJU 5.0 DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA PRABUMULIH

Authors

  • Metha Falmalia Arnal Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang
  • Jaliah Jaliah Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— The purpose of this study was to reveal the efforts of the Muhammadiyah Elementary School (ES) of Pajangan 2 in realizing child friendly schools (CFS) in the era of industrial revolution menuju 5.0. This study took place at Muhammadiyah Elementary School of Pajangan 2, Berbah, Yogyakarta. This research is a qualitative research that uses a phenomenological approach. In collecting data, researchers used the trianggulation method (in-depth interviews, observations, and documentation) and read related books. This study found that to realize child-friendly schools in the industrial revolution era menuju 5.0, SMP Muhammadiyah Kota Prabumulih applied. 6M, namely: 1) Cultivating 5S (greetings, smiles, greetings, courtesy and courtesy), 2) instilling the values of Muhammadiyah pledges, 3) increasing habituation (Riyadhoh), 4) improving infrastructure, 5) improving the quality of educators, and 6) stop the school canteen.

 

Keywords— Era of Industrial Revolution menuju 5.0, Elementary School, Child Friendly Schools.

 

Abstrak— Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan upaya Sekolah Menengah (SMP) Muhammadiyah Kota Prabumulih dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam era revolusi industri menuju 5.0. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah Kota Prabumulih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologis. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode triangulasi (wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi) dan membaca buku-buku terkait. Penelitian ini menemukan bahwa untuk mewujudkan sekolah ramah anak era revolusi industri menuju 5.0, SMP Muhammadiyah Kota Prabumulih menerapkan. 6M, yaitu: 1) Membudayakan 5S (salam, senyum, sapa, sopan dan santun), 2) menanamkan nilai-nilai ikrar Muhammadiyah, 3) meningkatkan pembiasaan (Riyadhoh), 4) meningkatkan sarana prasarana, 5) meningkatkan mutu pendidik, dan 6) meniadakan kantin sekolah.

 

Kata Kunci— Era Revolusi Industri menuju 5.0, Sekolah Menengah, Sekolah Ramah Anak 

References

A.P., Mangkunegara. Perencanaan Dan Pengembangan Sumber DayaManusia Bandung: Refika Aditama,2011

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2012.

Bafadal, Ibrahim. Peningkatan Profesionalisme Guru MI Dalam Manajemen Mutu Berbasis Madrasah.Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Bertiani, Sukaca, and Hariwijaya. PAUD: Melejitkan Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini.Yogyakarta: Mahadika Publishing, 2009.

Furlong, John, and Chris Davies. “Young People, New Technologies and Learning at Home: Taking Context Seriously.â€Oxford Review of Education 38, no. 1 (2012). https://doi.org/10.1080/03054985.2011.577944.

Kristanto, Ismatul Khasanah, and Mila Karmila. “Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (SRA) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang.†Jurnal Penelitian PAUDIA 1, no. 1 (2011): 59–74. http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v1i.257.

Kurniadin, Didin, and Imam Machali. Manajemen Pendidikan: Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Mansur, Nurdin. “Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa.†Lantanida Journal 4, no. 2 (2016): 118–127.

Misnatun. “Pola Pembentukan Karakter Anak Melalui Pendidikan Ramah Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam.†Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2006): 1–19

Musyaddad, Kholid. “Problematika Pendidikan Di Indonesia.†Journal Education and Biology 4, no. 1 (2013).

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, 2007

S., Sudjarwo. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 2011.

Sudriarja, A. Pendidikan Dalam TantanganZaman. Yogyakarta: Kanisius, 2014.

Suryadi, Ace. Pendidikan, Investasi SMPM, Dan Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Syukur, Imam Abdul. “Profesionalisme Guru Dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Nganjuk.†Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 20, no. 2 (2014): 200–210.

Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Globalisasi.†In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1:263–278. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang, 2016. http://repository.unikama.ac.id/840/3 /263-278

Yusrizal, Intan Safiah, and Nurhaidah. “Kompetensi Guru DalamM Memanfaatkan Media PembelajaranM Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di SMP Negeri 16 Banda Aceh.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Menengah FKIP Unsyiah 2, no. 2 (2017): 126 134.

Downloads

Published

2020-05-01