PENERAPAN COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR

Authors

  • Nurhayati Nurhayati SMP YPS Prabumulih
  • Anna Rislana SMP N 7 Prabumulih

Abstract

Abstract— Evaluation of a learning activity is very important as a benchmark for understanding the learning material received by students. At junior high school (SMP) or other levels of education the process of evaluating learning both on a daily, semester basis is usually done at least twice, namely midterm (UTS) and final semester (UAS) exams. In general schools in the implementation of daily tests, UTS and UAS use a paper based test system (paper based test). This article discusses the application of CBT in the implementation of evaluation of learning outcomes carried out at YPS Prabumulih Middle School. This application has 3 access rights namely admin as an application manager who can input student exam data and teacher data, and teacher as user who can input the subject matter questions that are evaluated, and students as participants in the implementation of the exam. This application cannot display the results of the exam when students have answered all the questions, but can display a recapitulation of grades per class per subject that can be seen by the teacher when the learning evaluation process has been completed. The application of Computer Based Test (CBT) is expected to support the learning process, especially the process of evaluating learning outcomes and assessments, this program is expected to assist teachers in evaluating learning and assessment processes effectively and efficiently, because by using the Computer Based Test (CBT) teachers can save a variety of question banks that directly randomize questions automatically so that one student and the other will get different questions. The application of Computer Based Test (CBT) can directly display the results of the evaluation of learning after completion, so the teacher does not need to correct the students' answers anymore and immediately find out the results of carrying out the evaluation of learning outcomes without waiting for a long time. The application of Computer Based Test (CBT) is a form of era learning innovation that was recruited towards the 5.0 community who are familiar with technological developments in the learning process. The application of Computer Based Test (CBT) in the evaluation of new learning outcomes is carried out only in a number of schools in Prabumulih, one of them is in SMP YPS Prabumulih. Keywords— Computer Based Test (CBT), Evaluation of Learning Outcomes

 

 

Abstrak— Evaluasi pada suatu kegiatan pembelajaran sangatlah penting sebagai tolak ukur pemahaman materi pembelajaran yang diterima siswa. Pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun jenjang pendidikan lainnya proses melakukan evaluasi pembelajaran baik dalam jangka waktu harian, per semester yang biasanya dilakukan minimal dua kali yaitu ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Pada umumnya sekolah-sekolah dalam pelaksanaan ulangan harian, UTS dan UAS menggunakan sistem ujian berbasis kertas (paper based test).  Artikel  ini membahas tentang penerapan CBT pada pelaksanaan evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan di SMP YPS Prabumulih. Aplikasi ini mememiliki 3 hak akses yaitu admin sebagai pengelola aplikasi yang dapat menginput data ujian siswa dan data guru, dan guru sebagai user yang dapat menginput soal ujian mata pelajaran yang dievaluasikan, serta siswa sebagai peserta pada pelaksanaan ujian. Aplikasi ini tidak dapat menampilkan hasil ujian ketika siswa telah menjawab seluruh soal, namun dapat menampilkan rekapitulasi nilai per kelas per matapelajaran yang dapat dilihat oleh guru pada saat proses pelaksanaan evaluasi belajar sudah selesai dilakaksanakan. Penerapan Computer Based Test (CBT) ini diharapkan bisa menujang dalam proses pembelajaran khususnya proses evaluasi hasil belajar dan penilaian, program ini diharapkan dapat membantu guru dalam melakukan proses evaluasi pembelajaran dan penilaian secara efektif dan efisien, karena dengan menggunakan Computer Based Test (CBT) guru bisa menyimpan aneka bank soal yang langsung mengacak soal secara otomatis sehingga siswa satu dan lainya akan mendapatkan soal yang berbeda. Penerapan Computer Based Test (CBT) langsung bisa menampilkan hasil evaluasi belajar setelah selesai dilaksanakan, sehingga guru tidak perlu mengoreksi lagi jawaban siswa tersebut dan langsung mengetahui hasil dari pelaksanakan evaluasi hasil belajar tersebut tanpa menunggu waktu yang lama. Penerapan Computer Based Test (CBT) merupakan bentuk inovasi pemelajaran era disrutip menuju masyarakat 5.0 yang akrab dengan perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran. Penerapan Computer Based Test (CBT) pada pelaksanaan evaluasi hasil belajar baru yang dilaksanakan hanya dibeberapa sekolah di Prabumulih salah satunya di SMP YPS Prabumulih.

 

Kata kunci— Computer Based Test (CBT), Evaluasi Hasil Belajar

References

Alhamidi, 2015, mengukur kemampuan bahasa inggris siswa SMA dengan menggunakan aplikasi CBT, Jurnal TEKNOIF

Duraisy, B. R. (2015). Evaluasi Hasil Belajar. Retrieved November 29, 2019, from bahrurrosyididuraisy.wordpress.com:https://bahrurrosyididuraisy.wordpress.com/research/evaluasi-hasil-belajar/

Hartono, Jogyanto, 2004, Pengenalan Komputer , Andi Offset, Yogyakarta.

Ivan Arifard Watung, dkk (2014). Perancangan Sistem Informasi Data Alumni Fakultas Teknik Unsrat Berbasis Web. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer Unsrat, ISSN 2301-8401.

Lidya Wati dkk. (2018). Implementasi Computer Based Test (CBT) di Sekolah Menengah Kejuruan. Dipetik 23-05-2019, dari at:https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh

Nitko & Susan, 2011, Educational Assesment of Students (Sixth Edition), Boston, M.A: Pearson Education Inc, publishing as Allyn & Bacon

Zainal Arifin, 2012, Evaluasi Pembelajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Downloads

Published

2020-05-01