PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LITERASI DIGITAL SEBAGAI STRATEGI MENUJU ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Rajab Agustini SMPN 45 Palembang
  • Meysurah Sucihati SMKN 2 Prabumulih

Abstract

Abstract—The rapid development of information communication technology with all its impact is a reality that cannot be avoided nowadays. Teachers as educator as well as agent of change, driving the progress of the nation, must be able to put themselves as an important part of changes that are taking place at present. Teachers, must be able to match students prepare themselves in welcoming a new era of developed society, society 5.0. Students, who will become individuals who determine how the NKRI in the future must have a reliable character. Characters; nationalism independence, integrity, religiosity, and mutual cooperation which can be instilled through the strengthening of character education (PPK). On the other hand, students must prepare themselves with the provision of digital literacy so that they will not stutter to welcome the era of community 5.0 as an answer to the industrial revolution 4.0. This study discusses how to strengthen character education through digital literacy towards the era of the society 5.0

 

Keywords— Strengthening Character Education, Digital Literacy, Society 5.0

 

Abstrak— Pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi dengan segala dampaknya adalah kenyataan yang tidak dapat dihindari saat ini. Guru sebagai pendidik sekaligus agen perubahan, pendorong kemajuan bangsa, harus mampu meletakkan dirinya sebagai bagian penting dari perubahan yang sedang deras terjadi saat ini. Guru, harus mampu membersamai peserta didik mempersiapkan dirinya dalam menyambut era baru masyarakat maju, society 5.0. Peserta didik, yang akan menjadi pribadi-pribadi yang menentukan bagaimana NKRI di masa depan harus memiliki karakter yang handal. Karakter-karakter ; nasionalisme kemandirian religiusitas integritas serta gotong royong yang dapat ditanamkan melalui penguatan pendidikan karakter (PPK). Di sisi lain, peserta didik harus menyiapkan dirinya dengan bekal literasi digital yang membuat mereka nantinya tidak gagap menyambut era masyarakat 5.0 sebagai jawaban atas revolusi industri 4.0. penelitian ini membahas bagaimana melakukan penguatan pendidikan karakter melalui literasi digital menuju era masyarakat 5.0

 

Kata Kunci— Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi Digital, Society 5.0  

References

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Alhefeiti, F S Obaid. (2018). Society 5.0 A Human centered Society that balances economic advancement with the resolution of social problems by a system that highly integrates cyberspace and physical space. The British University in Dubai Digital Repository (Dissertation for informatics Coll.)

Arifin, Imron. (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Arifin, S. (2019). Disrupsi dan Persoalan “Karakterisasi†dalam Pendidikan di Era Digital. Prosiding SENABASA (3) 2, 17 - 20

Atmazaki, dkk. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud

Buchori, M.S. & Swandayani, T.B. (2014). Implementasi Program Pendidikan Karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter (4) 3, 235 – 244

Herlina, S. Dyna. (2012). Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. (http://www.staffnew.uny.ac.id , diunduh pada 29 Desember 2019).

Kemdikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Kemdikbud

Kepa, J K., Unamuno, G., Urkia, E., Serna, A. (2019). Digital Manufacturing Platforms in the Industry 4.0 From Private and Public Perspectives. Applied Sciences

Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun Karakter Peserta didik Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, hal. 1001-1015.

Kristiawan, M. (2015). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta’dib 18 (1), 13-25

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi sebuah Paradigma Pendidikan Abad ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), Volume 3, Nomor 2, 216-231.

Raharja, H.Y., Relevansi Pancasila, industri 4.0 dan society 5.0 di Pendidikan tinggi Vokasi

Salgues, B. (2018). Society 5.0 : Industry of the Future, Technologies, Methods and Tools. London : ISTE and John Wiley & Sons.

Slameto. (2019). Reformasi Pendidikan Era Masyarakat 5.0. Jurnal Trisala (3) 15, 412 – 419

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunawan. (2019). Pengembangan Soft-Skills dan Kompetensi Konselor di Era Society 5.0. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) Vol. 3 No.1 , 1 – 7

Suyitno, Imam. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter (2) 1, 1 - 13

Shiroishi, Y., Uchiyama, K., Suzuki, N. (2018). Society 5.0 : For Human Security and Well-being. Computer Edisi 51 Vol.VII, 91-95.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhardisiwi, I., Utami, R.P., Koesoemo, D., Astuti, A.D. (2018). Panduan Praktis Implementasi PPK Berbasis Budaya Sekolah. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA) Kemendikbud.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), Volume 1, Nomor 1, 325-343.

Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., & Muldian, W. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wiyani, Novan., A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Gava Media

World Economic Forum. (2019). Modern Society has Reached Its Limits: Society 5.0 will Liberate Us. [Online] www.weforum.org.

Yuliati, Yuyu., (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas (3) 2, 21 – 28

Downloads

Published

2020-05-01