MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENDEKATAN QUALITY CONTROL

Authors

  • Parida Parida SD Negeri 5 Betung
  • Yenni Yenni SD Negeri 5 Betung

Abstract

Abstract— Teachers have a strategic role in the field of education, even other adequate educational resources are often insignificant if not supported by the performance of qualified teachers. This study aims to determine the efforts of schools in improving teacher performance through a quality control approach. The research site was conducted at Betung 5 Elementary School. Data was collected through questionnaires, interviews, focus group discussions, documents and assessment sheets, and analyzed using quantitative and qualitative descriptive techniques. The results show that the qultity control approach enhances teacher performance in order that the quality of education can be improved through improving the system and quality of teacher resources. The implementation of quality control implemented by SD Negeri 5 Betung is: 1) lesson plan, 2) consultation, 3) observation, and 4) feedback.

Keywords— Teacher Performance, Quality Control

Abstrak— Guru memiliki peran strategis dalam bidang pendidikan, bahkan sumber daya pendidikan lain yang memadai sering kali kurang berarti apabila tidak didukung oleh kinerja guru yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui pendekatan quality control. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Negeri 5 Betung. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, diskusi kelompok terfokus, dokumen, dan lembar penilaian, dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan qultity control meningktkan kinerja guru bertujuan agar kualitas pendidikan dapat ditingkatkan melalui perbaikan sistem dan sumber daya guru yang berkualitas. Penerapan quality control yang dilaksanakan oleh SD Negeri 5 Betung adalah: 1) lesson plan, 2) konsultasi, 3) observasi, dan 4) umpan balik.

Kata Kunci—Kinerja Guru, Quality Control

References

Beeby, C. E. (1981). Pendidikan di Indonesia Penilaian dan Pedoman Perencanaan. Jakarta: LP3ES.

Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Dale dan Bunney (1999). Total Quality Management Blueprint. Oxford: Blackwall Publisher Ltd

Edward Sallis, E. (2006). Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional (Guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Miles dan Huberman. (1992). Analisis data Kualitatif. (diterjemahkan Ole: Tjetjep Rohedi Rosidi). Jakarta: Universitas Indonesia.

Mondy R. W. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Schermerhorn, J.D, Hunt, J & Osborn (2003). Organiizational Beaviour, John Willey and Son Inc.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Undang Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen,

Peraturan Pemerintah RI No. 19/2005

Permendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru

Downloads

Published

2020-05-01