RUANG MULTIMEDIA SEBAGAI PEMACU PROSES PEMBELAJARAN DI SMAN 1 AIR KUMBANG

Authors

  • Retno Widia Astuti SMAN 1 Air Kumbang

Abstract

Abstract— Rapid technological advances have a major influence on the development of the education system as seen from the use of information technology-based learning media in the learning process at school such as laptops, LCD projectors and sometimes equipped with audio devices and internet access. The media can be used by teachers and students by bringing and installing them in the classroom or they are permanently installed in the multimedia room. The research carried out at SMAN 1 Air Kumbang Banyuasin district aims to describe the role of multimedia room in speeding up the learning process and to explain the factors that influence its effectiveness in use. The research method used is descriptive qualitative through data collection techniques by observation, interview and documentation. This research shows that multimedia room turns out to play an important role in speeding upthe learning process which is practical, innovative and creative because the subject matters can be visualized in a more interesting form through slides or video shows so that it can foster a desire for teachers and students to learn.

 

Keywords— multimedia room, learning process booster

 

Abstrak— Kemajuan teknologi yang pesat berpengaruh besar terhadap perkembangan sistem pendidikan yang terlihat dari penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses pembelajaran di sekolah seperti laptop, LCD projector dan terkadang dilengkapi perangkat audio dan akses internet. Media tersebut dapat digunakan oleh guru dan siswa dengan membawa dan memasangnya di dalam kelas atau sudah terpasang secara permanen dalam ruang multimedia. Penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Air Kumbang kabupaten Banyuasin ini bertujuan mendeskripsikan peran ruang multimedia dalam memacu proses pembelajaran serta menjelaskan faktor yang mempengaruhi keefektifandalam penggunaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini menunjukkan bahwa ruang multimedia ternyata berperan penting dalam memacu proses pembelajaran yang praktis, inovatif dan kreatif karena materi pelajaran dapat divisualkan dalam bentuk yang lebih menarik melalui slide atau tayangan video sehingga dapat  menumbuhkan hasrat pada diri guru dan siswa untuk belajar.

 

Kata Kunci— ruang multimedia, pemacu proses pembelajaran

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Edisi Revisi IV.

Sadiman, Raharjo,dkk.2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Rifai. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algen Sindo.

Winarno dan Abdullah,dkk. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Surakarta: Genius Prima Media.

Downloads

Published

2020-05-01