PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA MASYARAKAT 5.0

Authors

  • Rina Damayanti SMPN 1 Prabumulih
  • Elly Jumiyati SMPN 1 Prabumulih

Abstract

Abstract— Leadership principals play an important role in improving the quality of schools, especially in addressing the globalization era ASEAN Economic Community. Leadership exercised in order to be effective, a school principal needs to understand how to be effective principals. In addition, to increase its capacity as a leader then the principal should have competence to support the professional performance. Efforts to improve the quality of schools needs to be done by the principal in order to improve competitiveness with other schools and meet the demands of society at large.

Keywords— School Leadership, School Quality, of Society 5.0

 

Abstrak— Kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sekolah, terutama dalam menyikapi globalisasi era Masyarakat 5.0. Agar kepemimpinan yang dilakukan dapat berjalan efektif, seorang kepala sekolah perlu memahami bagaimana menjadi kepala sekolah yang efektif. Disamping itu, untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai seorang pemimpin maka kepala sekolah seyogyanya memiliki kompetensi yang dapat menunjang kinerja profesionalnya. Upaya-upaya peningkatan Mutu Pendidikan perlu dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan daya saing dengan sekolah lain dan memenuhi tuntutan masyarakat luas.

Kata Kunci— Peran Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan, Masyarakat 5.0

References

Anonim, 2000. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan/Kultur Sekolah, Depdiknas, hand out pelatihan calon kepala sekolah, Direktorat Sekolah lanjutan Pertama, 2000.

Gaspersz, Vincent. 2000. Penerapan Total Management In Education (TQME) Pada Perguruan Tinggi di Indonesia, Jurnal Pendidikan (online), Jilid 6, No. 3 (http://www.ut.ac.id diakses 20 Januari 2001).

Hanafiah, M. Jusuf, dkk, 1994. Pengelolaan Mutu Total Pendidikan Tinggi, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Nasution, MN, 2000. Manajemen Mutu Terpadu, Ghalia Indonesia, Jakarta

Moh. Iwan Apriyadi. 2007. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Artikel dipublikasikan diinternet.

Mulyasa. 2013. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, S. 2011. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slamet, PH. 2000. Karakteristik Kepala Sekolah Yang Tangguh, Jurnal Pendidikan, Jilid 3, No. 5 (online) (http://www.ut.ac.id diakses 20 Januari 2001).

Sudarsono. 2007. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pelayanan Publik. Makalah dipublikasikan diinternet.

Tim Kajian Staff Mendiknas Bidang Mutu Pendidikan. Kajian Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Wirawan, 2018. Kapita Selecta Teori Kepemimpinan: Pengantar Untuk Praktek dan Penelitian. Jakarta. Yayasan Bangsa Indonesia dan Uhamka Press.

Usman, Husaini, Peran Baru Administrasi Pendidikan dari Sistem Sentralistik Menuju Sistem Desentralistik, dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Februari 2001, Jilid 8, Nomor 1.

Journal of Digital Education, Communication, and Arts • Vol. 2 • No. 1 • March 2019 • E-ISSN: 2614-6916 |

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432.

Downloads

Published

2020-05-02