MANAJEMEN PEMBELAJARAN DIGITAL MELALUI APLIKASI YOUTUBE

Authors

  • Rozalina Rozalina MAN 1 Banyuasin

Abstract

Abstract— This research is aims to analyze the use of the Youtube application in the learning process, from the implementation to the obstacles encountered when this application is applied. Considering that this application is being sought by some sections of the community, including stakeholders in Banyuasin 1 Madrasah Madrasah (MAN 1 Banyuasin), and as a first step in organizing 21st Century learning, this application is used as a learning medium that is easy and accessible for students . This research is a phenomenological research with a qualitative approach. The subjects of this study were educators and XII class of Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin. Research data collection through three main sources, namely: direct observation (observation), document analysis, and interviews. To improve data accuracy, researchers used source triangulation and data analysis using the interactive analysis technique of the Miles and Huberman models. The results of this study are the first, planning activities, implementation, and evaluation of digital learning has been carried out properly. This is evident from the accuracy of the teacher in determining the suitability of the material with the  available Youtube content.

Keywords— Youtube Application, Learning Process, Digital Learning

Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi Youtube dalam proses pembelajaran, mulai dari pelaksanaan hingga kendala yang dihadapi ketika aplikasi ini diterapkan. Mengingat aplikasi ini tengah diminati oleh sebagian lapisan masyarakat, termasuk stake holder di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin (MAN 1 Banyuasin), serta sebagai langkah awal menyelenggarakan pembelajaran digital, maka aplikasi ini digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang akses dan mudah bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tenaga pendidik dan peserta didik kelas XII. Pengumpulan data penelitian melalui tiga sumber pokok, yaitu: pengamatan  langsung (observasi), analisis dokumen, dan wawancara. Untuk meningkatkan akurasi data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian ini ialah: pertama, kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran  digital telah dilaksanakan  dengan baik. Hal ini terlihat dari ketelitian guru dalam menentukan kesesuaian materi dengan konten Youtube yang tersedia.

Kata Kunci— Aplikasi Youtube, Proses Pembelajaran, Pembelajaran Digital

References

Ali Hamzah. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Burke, S.C., Snyder, S., Rager, R.C. (2009). An Assessment of Faculty Usage of Youtube as A Teaching Resource. The Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice. Vol. 7 No. 1.

Hamzah dan Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamal Ma‟mur Asmani. (2011). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Lantip Diat Prasojo dan Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan: Membahas Materi Dasar Teknologi Informasi yang Wajib Dikuasai Pemula TI. Yogyakarta: Gava Media.

Miles, M. B., Huberman, A.M., & Saldana. J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcesbook (3rd ed.). California: SAGE Publications.

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Penerbit Grasindo.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Syaiuraman. (2013). Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Utomo. (2001). Dampak Internet terhadap Pendidikan : Transformasi dan Evolusi. Yogyakarta: Seminar Nasional Universitas Atma Jaya.

Wina Sanjaya. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-05-02