PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA

Authors

  • Samsia Samsia SD Negeri 135 Palembang
  • Komaria Komaria MA Miftahussalam Tanjung Pinang Ogan Ilir

Abstract

Abstract—This research starts from the condition in each school that lacks awareness of environmental preservation. Adiwiyata school aims to create a school community that cares and is cultured towards the environment. The only problem that remains is when students are asked about the Adiwiyata program there are still those who do not understand the program. This research uses descriptive qualitative research with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. This research was conducted at SD Negeri 135 Palembang. Based on the results of interviews with the head of 135 Palembang Elementary School has carried out the programs namel a) Socialization of the implementation involved in the Adiwiyata program policies through meeting b) Make a green house or a nursery c) Making biopori infiltration holes d) There is a special room for processing waste with the 3R principle (Reuse, Reduce and Recycle) e) The existence of hydroponic plants, namely cultivation of plants using water f) Invate students to bring their own drinking bottles and eating places g) Competing in used materials h) Make Adiwiyata monument..

 

Keywords— Adiwiyata, The Role of The Principal, SD Negeri 135 Palembang

 

Abstrak—Penelitian ini berawal dari kondisi pada setiap sekolah yang kurang kesadaran pelestarian lingkungan hidup.. Sekolah Adiwiyata bertujuan untuk mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan berbudaya terhadap lingkungan. Permasalahan yang masih ada adalah saat siswa ditanya tentang program Adiwiyata masih ada saja yang belum memahami program tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 135 Palembang. Berdasarkan hasil wawancara terhadap Kepala SD Negeri 135 Palembang telah melaksanakan program-program yaitu a) Sosialisasi terhadap pelaksanaan yang terlibat dalam kebijakan program Adiwiyata melalui rapat b) Membuat Green House atau tempat pembibitan tanaman c) Membuat lubang resapan biopori d) Adanya ruang khusus pengolahan sampah dengan prinsip 3R (Reuse/Penggunaan kembali, Reduce/Pengurangan, dan Recycle/Daur ulang) e) Adanya tanaman hidroponik yaitu budidaya tanaman dengan memanfaatkan air f) Mengajak siswa untuk membawa botol minum dan tempat makan sendiri g) Mengikuti lomba-lomba yang memanfaatkan bahan bekas h) Membuat tugu Adiwiyata.

 

Kata Kunci— Adiwiyata, Peran Kepala Sekolah, SD Negeri 135 Palembang

References

Artikelsiana.com. (2020, Januari 05). Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria dan Manfaat Program Adiwiyata. Diambil kembali dari http://www.artikelsiana.com/read/2020/01/05.

Pemerintah Indonesia. 2009. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 02 Tahun 2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Lembaran Negara RI Tahun 2009 No. 02. Jakarta: Sekretariat Negara.

Siedoo.com. (2020, Januari 05). Mengupas Pendidkan dari Pelosok Tanah Air. Diambil kembali dari http://edukasi.siedoo.com/read/2020/01/05/MenujuSekolahAdiwiyata.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-05-02