FILM DOKUMENTER “HIROSHIMA: DROPPING BOMB” INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KREATIF?

Authors

  • Santi Vera Mulyani SMA Negeri 1 Muara Sugihan
  • Belva Selvia SMP Negeri 1 Indralaya Utara
  • Desi Lianti SDN 1 Supat

Abstract

Abstract— Various information obtained by students is no longer fully obtained from the teacher but also from search engines like Google, Youtube applications and so on. This true picture is more easily obtained by students from elementary, junior high to senior high schools in this disruptive era encouraging teachers to utilize the technology as innovative learning in creative education. Real images of events in the past for example become critical questions in the era of openness as it is now encouraging writers to conduct research. Besides the lack of motivation to learn students on the subject of nationalism is also a driving force for writers. The purpose of this study was to determine the description of the use of the documentary film media "Hiroshima" as a supporter of historical learning on the subject of the roots of nationalism for class XI IPS students at SMA Negeri 1 Muara Sugihan. This study uses a qualitative research methodology with a literature study and documentation data collection method. The results of the study show that there is a benefit for the use of the documentary film media "Hiroshima" as a supporter of historical learning on the subject of nationalism roots for students of class XI IPS in SMA Negeri 1 Muara Sugihan, which is expected to be used in other subjects and even in other subjects and at levels. other education such as in elementary, junior high to high school, remembering that documentary films are very supportive in contextual and conceptual learning.

Keywords— Documentary film, Hiroshima, learning innovation

 

Abstrak— Berbagai informasi yang diperoleh peserta didik tidak lagi didapat sepenuhnya dari sosok guru tapi juga dari mesin pencari seperti Google, aplikasi Youtube dan sebagainya. Gambaran nyata ini semakin mudah didapatkan peserta didik dari SD, SMP hingga SMA pada era disruptif ini mendorong para guru untuk memanfaatkan teknologi tersebut sebagai inovasi pembelajaran pendidikan kreatif. Gambaran nyata tentang peristiwa di masa lalu misalnya menjadi pertanyaan yang kritis di era keterbukaan seperti sekarang mendorong penulis melakukan penelitian. Selain itu kurangnya motivasi belajar siswa pada pokok bahasan nasionalisme juga menjadi pendorong penulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pemanfaatan media film dokumenter “Hiroshima†sebagai pendukung pembelajaran sejarah pokok bahasan akar-akar nasionalisme bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Muara Sugihan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya manfaat atas penggunaan media film dokumenter “Hiroshima†sebagai pendukung pembelajaran sejarah pokok bahasan akar-akar nasionalisme bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Muara Sugihan diharapkan dapat digunakan dalam pokok bahasan lain dan bahkan dalam mata pelajaran lain dan pada jenjang pendidikan lain seperti di SD, SMP hingga SMA mengingat film dokumenter sangat mendukung dalam pembelajaran yang kontekstual dan konseptual.

Kata Kunci— Film dokumenter, Hiroshima, inovasi pembelajaran

References

Abdullah, R. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2012, VOL. XII NO. 2, 216-231

Arifin, I. 2019. Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang PEndidika pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Pidato PEngukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Jum’at 25 Oktober 2019.

Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. cetakan ke-15. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Darma, W. (2018). Inovasi Diskruptif (Disruptive Innovation) Dalam Pendidikan. Jakarta:

Hakim, A. O. A. A. dan Purnama, B. E. 2012. Perancangan dan Implementasi Sistem Pembelajaran Aksara Jawa untuk SD Berbasis Multimedia Di SDN Bumirejo 02. Journal Speed (Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi) Volume 4 No 2 2012 Universitas Surakarta

Masanto. 2006. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Pendukung Pengajaran Mata Diklat PILPT Materi Instalasi Tenaga Motor ACâ€. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Yogyakarta: PPS UNY.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Priyanto, D. 2009. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. JURNAL PEMIKIRAN ALTERNATIF KEPENDIDIKAN INSANIA, Vol. 14 No. 1 Jan-Apr 2009, hlm. 92-110

Rizal, M. N. (November 24, 2017). Menghadapi Era Disrupsi. Dipetik Januari 7, 2020. Dari https://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/17/11/24/ozw649440-menghadapi-era-disrupsi

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung : Alfabeta

Sadiman, A. S.,dkk. (2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Semadiartha, I. K. S., 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Microsoft Excel yang Berorientasi Teori Van Hiele Pada Bahasan Trigonometri Kelas X SMA untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Tahun 2012. Hasil Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha Singaraja.

Tarigan A. K. dkk. (2016). APLIKASI PEMBELAJARAN CITRA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Vol. 3 No. 4, Agustus 2016. ISSN 2407-389X (Media Cetak) Hal : 1-4

Vernanda, D., Nurafiati, P., Susanti, R., & Soepudin, U. LITERASI INTERNET GURU DI ERA DIGITAL. KURIKULUM DI ERA DIGITAL, 14.

Wicaksono, A. F. (2019). Inovasi Pendidikan di SMK Tamansiswa 1 Imogiri Yogyakarta di Era Disrupsi. SALIHA, 2(2), 17-26.

Wiratmojo,P dan Sasonohardjo. (2002). Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama. Lembaga Administrasi Negara.

Yunus, M. (November 5, 2018). Pendidikan dan Era Disruptif. Dipetik Januari 7, 2020, dari https://www.timesindonesia.co.id/read/news/188561/pendidikan-dan-era-disruptif

Zamroni. (2003). Pendidikan untuk demokrasi, tantangan menuju civil Society. Yogyakarta: Penerbit BIGRAF Publising.

Downloads

Published

2020-05-02