EMPLOYING DIGITAL LEARNING FOR FOSTERING INNOVATIVE CREATIVITY

Authors

  • Selvi Nabela SMPN 4 Prabumulih
  • Rusdi Effendi SMPN 5 Sungai Rotan

Abstract

Abstract– Digital learning is a current mode of education today, triggered by the rapid development of information and communication technology in the era of Industrial Revolution 4.0. This mode of learning has the capasity to develop the potential and abilities of students,  not only in knowledge but also in life skills, especially in terms of innovative creativity which is an important capital in the era of  21st Century. This article discusses the concept of digital learning,  readiness for usage, and its role in developing students' innovative creativity.

Keywords– Digital learning, creativity, innovation 

 

Abstrak– Pembelajaran digital merupakan modus pendidikan masa kini yang dipengaruhi oleh perkembangan pesat teknologi komunikasi dan informasi pada era Industrial Revolution 4.0. Modus ini mempunyai potensi untuk mengembangkan potensi dan kemampuan anak didik bukan saja dalam hal pengetahuan tetapi juga dalam life skills, khususnya dalam hal kreativitas inovatif yang menjadi modal penting dalam kehidupan era Abad 21. Artikel ini membahas tentang pengertian pembelajaran digital serta kesiapan untuk menggunakan, dan perannya dalam pengembangan kreativitas inovatif mahasiswa.

Kata Kunci– Pembelajaran digital, kreativitas, inovasi

 

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Chang, Raymond. 2005. Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti, Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Daryanto, (2012).Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Desmita. 2009. Pskologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:Remaja Rosdakarya

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi Oktarini, dkk. dengan judul Efektivitas media animasi terhadap hasil belajar biologi peserta didik SMPN 2 Kediri (dalamhttp://ejournal.pkpsmikipmataram.org).

Fllanio, Jeli Fransius. 2013. Efektifitas Penggunaan Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (dalam http://jurnal.repository.upi.edu,Diakses 20 Februari 2014).

Nashar. 2004. Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Ruswandi. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera.

Santrock.(2010). Psikologi Pendidikan.Jakarta : kencana.

Sanjaya,W., (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryanta, Made.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar (http:ejournal.pgsdupg.ac.id)

Sutopo, A., H., (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-05-02