PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Siti Rohma, Khodijah Murkatik, Happy Fitria

Abstract


AbstractThis study aimed to see an increase in students' mathematical problem solving abilities using the Mind Mapping learning model. The research subjects were odd semester students of class VII SMP Negeri 2 Prabumulih. This type of research is Quasi-Experimental. The data in this researcher are divided into quantitative data. Quantitative data were obtained through the Mathematical Problem Solving Ability Test, which was carried out before (pretest) and after (posttest) learning activities. From the analysis results obtained T value of -6.82 with a sign value (sig 0.00) <5%, meaning that there are differences in the treatment of the control class. The results of the analysis of the data obtained conclusions. 1) improvement in mathematical problem solving abilities of students who get learning with Mind Mapping models better than students who get conventional learning in terms of (a) the whole student (b) KAS students.

KeywordsMind Mapping, Mathematical Problem Solving

 

Abstrak Penelitian ini ditujukan untuk melihat adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Subjek penelitian adalah siswa semester ganjil kelas VII SMP Negeri 2 Prabumulih. Jenis penelitian ini Quasi-Experimental. Data dalam peneliti ini dibedakan atas data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, yang dilakukan sebelum (pretes) dan sesudah (postes) kegiatan pembelajaran. Dari hasil analisis diperoleh nilai T hitung -6,82 dengan nilai tanda (sig 0,00) < 5%, artinya terdapat perbedaan perlakuan terhadap kelas kontrol. Analisis data yang digunakan : melakukan analisis deskriptif data dan menghitung gain ternormalisasi (normalized gain) pretes dan postes. Pengujian persyaratan analisis adalah uji normalitas data dan uji homogenitas varians keseluruhan data kuantitaf. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan.1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Mind Mapping lebih baik daripadasiswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional ditinjau dari (a) keseluruhan siswa (b) KAS siswa.

Kata KunciMind Mapping, Pemecahan Masalah Matematis.

 


Full Text:

PDF

References


Arthur, L. B. (2008). Problem Solving. U.S.: Wikimedia Foundation, Inc. [Online]. Tersedia: http://en.wikipedia.org/wiki/ProblemSolving. [7 April 2008].

Creswell. 2009. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed EdisiKetiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, R., W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Dwi, Prelia dkk. 2017. Kemampuan pemecahan masalah dalam matematika dengan pembelajaran generatif berbantuan scaffolding dan advance organizer. Jurnal Pendidikan matematika dan teknologi Vol 3 No.1

Faelasofi, Rahma dkk. 2015. Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.Jurnal e-DuMath Vol. 1(2) : 122-136.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D., 2008. Blended Learning in Higher Education :Framework, principles and guidelines. San Fransisco: Josey-Bass.

Huda, Miftahul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kesumawati, Nila. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Disertasi Pendidikan Matematika SPS UPI.

Mento, dkk. 1999. “Mind Mapping in Executive Education Applications and Outcomes”. The Journal of Management Development. Vol. 18 Issue 4.

Nurdamayanti, Aulia. 2018. Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMPN 48 Surabaya. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8(1) : 17-24

Novianti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Matematika Semester III FKIP Umuslim Pada Mata Kuliah Program Linear.Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, Vol. 10(2) : 25 – 28.

Purwaningsih, Dian., 2017. Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Aksioma, Vol. 8(1) : 1-8

Rahmawati dan Jayanti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning menggunakan probing promting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Pada Jurnal Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika (SSN 2528-3901). Volume 2 Nomor 2, November 2017 halaman 82-97

Rismayanti, Anti (2012), Mengenal Lebih Dekat Edmodo Sebagai Media E-Learning Dan Kolaborasi. Online. http://download.smknl-majakengka.sch.id

Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-eksaktaLainnya. Bandung: Tarsito.

Sudarman. (2009). Peningkatan Pemahaman dan Daya Ingat Siswa Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R). Jurnal Pendidikan Inovatif. Jilid 4. Nomor 2: 67-72.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran matematika. Bandung: JICA UPI.

Tim Pustaka Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan) SD, SMP, dan SMA. Seri Perundangan. Cetakan Pertama.Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Suarsana, M. 2013. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan MasalahUntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswai M., G.A. Mahayukti Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja indonesia, Jurnal UPI No.2 Vol 2 264-275

Wardhani, Sri. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Bernard, Martin. 2015 meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa SMK dengan pendekatan kontektual melalui pendekatan kontektual melaui game adobe flash cs 4.0. infinity vol 4 no.2


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.