PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ERA DISRUPTIF MENUJU MASYARAKAT 5.0

Sri Setiyani, Dasilah Dasilah, Dwi Nining Nurcahyo

Abstract


AbstractThis research is based on the study of literature which contains a new paradigm of disruptive era education towards society 5.0. This study aims to examine the new paradigm of disruptive era education towards society 5.0 to face the demands of the times that almost all involve information technology. The design of this research is qualitative using library research methods. The data analysis technique used is content analysis. Towards a new paradigm of a disruptive era, education towards community 5.0 requires clear and concrete regulation so that it does not cause multiple interpretations in implementing it. This certainly will involve various scientific fields to design the new paradigm. In the 2013 curriculum, it is very clear that it puts forward character education. Thus, to achieve educational goals, it must involve various components of education. Like students, educators, curriculum, facilities, teaching-learning process, learning media, government.

Keywords Education Paradigm, Disruptive Era, Society 5.0

 

AbstrakPenelitian ini berbasis pada kajian kepustakaan yang di dalamnya berisikan tentang paradigma baru pendidikan era disruptif menuju masyarakat 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji paradigma baru pendidikan era disruptif menuju masyarakat 5.0 guna menghadapi tuntutan perkembangan zaman yang hampir semuanya melibatkan teknologi informatika. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Menuju paradigma baru pendidikan era disruptif menuju masyarakat 5.0 membutuhkan regulasi yang jelas dan konkret sehingga tidak menimbulkan multi tafsir dalam mengimplementasikannya. Hal ini tentu akan melibatkan berbagai bidang keilmuan untuk merancang paradigma baru tersebut. Dalam kurikulum 2013 sangat jelas yakni mengedepankan pendidikan karakter. Dengan demikian, untuk tercapainya tujuan pendidikan maka harus melibatkan berbagai komponen pendidikan. Seperti halnya peserta didik, pendidik, kurikulum, sarana-prasarana, proses belajar-mengajar, media belajar, pemerintah.

Kata Kunci Paradigma Pendidikan, Era Disruptif, Masyarakat 5.0


Full Text:

PDF

References


Alpius Rama Kusuma. (2013). Model Analisis Perekrutan Dan Seleksi Karyawan di PT. Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (Sami). Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 1.1 hal. 45.

Carey, Cevin. (2016). The End Of Chollege. Washington: Riverhead Books. hal. 56.

Dewi, Eva Meizarra Puspita Dewi, dkk, (2018). Tantangan Pendidikan Di Era Disruptif: Ujian Online Berbasis Smartphone Dengan Pengembangan Aplikasi xSIA, Jurnal Psikologi, 4.1, hal. 31

Jalaluddin & Idi Abdullah. (2011). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik, Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5.2, 2338–2325. hal. 56.

Neil Postman. (1996). The End of Education. United State: Vintage, hal, 112.

Prima, E. (2019). Mengenal Visi Jepang Society 5.0: Integrasi Ruang Maya dan Fisik. Retrieved from Tekno Tempo (https://tekno.tempo.co/read/1170120/mengenal-visi-jepang-society-5-0-integrasi-ruang-maya-dan-fisik).

Rahmayanti. (2019). Penggunaan Media IT Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah CIRCUIT, 1.1, hal. 85.

Redaksi. (2019). Indonesia Persiapkan Standardisasi Era Society 5.0 Melalui BSN. Retrieved from Milenia News: (milenianews.com/2019/03/29/indonesia-persiapkan-era-society/).

Sanjaya, Wina. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grou

Santoso, K. A. (2019). Pendidikan Untuk Menyambut Society 5.0. Retrieved from alinea.id: (www.alinea.id/kolom/pendidikan-untuk-menyambut-masyarakat-5-0-b1Xcl9ijL)

Santyasa, I Wayan. (2003). Problematika Pendidikan Indonesia dan Gagasan menuju Paradigma Baru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Ikip Negeri Singaraja No.3 juli 2003.

Tilaar, H.A.R. (2000). Paradigma baru pendidikan nasional. Jakarta : Rineka Cipta

Titin. (2016). Efisiensi Angka Pengangguran Melalui Lulusan Smk Dengan Sistem Pendidikan Berkarakter (Enabler, Builders Dan Engineer) Di Jawa Timur. Jurnal EKBIS, XV.1 hal. 797.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.