IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI DI SDN 10 AIR SALEH

Authors

  • Sriwati Sriwati SD Negeri 10 Air Salek

Abstract

Abstract— background based on the author’s observations the library which should be used as a place to read is only usedas a place to store books.The study aims to describe the teacher understanding of GLS and the implemantation of GLS that teachers do to support the literacy movementt in SDN10 Air Salek.The method usedin c is a qualitative approach and the type of descriptive qualitative research.The result of the study show that the teacher’s understanding of the literacy movement in elementary schoolis quite good and adjusted to the ability or students.Class 1a ,techerss focuson improving reading and writing skills and in creasing confidence thtough activities singing compulsory songs,reading illustrated story book,while the GLS in class IVa is reading short letters,singing national compulsory songs,and reading multiplication.This research is usefull to add information about the implementation of GLS in primary school and can enrich scientific insights regarding the implemantions of  GLS in schools.

Keywords— implementation, lyteracy mpvements, prymari school

 

Abstrak— Latar belakang berdasarkan pengamatan penulis, perpustakaan yang seharusnya dijadikan tempat untuk membaca buku hanya dijadikan tempat menyimpan buku saja.. Penelitian bertujuan mendeskripsikan pemahaman guru tentang GLS dan pelaksanaan  GLS  yang guru lakukan untuk menunjang gerakan literasi di SDN 10 Air Saleh.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru tentang gerakan literasi di SD tersebut cukup baik, dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik.Guru kelas I A masih memfokuskan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis serta meningkatkan kepercayaan diri melalui kegiatan menyanyikan lagu wajib, membaca buku cerita bergambar  sedangkan GLS di kelas IVA yaitu membaca surat pendek, menyanyikan lagu wajib Nasional, dan membacakan perkalian. Penelitian ini bermanfaat menambah informasi mengenai implementasi GLS di Sekolah Dasar dan dapat memperkaya wawasan ilmu pengetahuan mengenai pelaksanaan GLS di sekolah

Kata Kunci— implementasi, gerakan literasi , sekolah dasar

References

Faizah, U.D., Sufyadi, S., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Margono, S. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Retnaningdiyah, P., Laksono, K., Mujiyem, Ninik, P.S., Sulastri, Umi, S.H. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P., dkk (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2020-05-02