PENGEMBANGAN KREATIVITAS INOVATIF MELALUI PEMBELAJARAN DIGITAL

Authors

  • Supriadi Supriadi Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— Digital learning is a current mode of education today, triggered by the rapid development of information and communication technology in the era of Industrial Revolution 4.0. This mode of learning has the capasity to develop the potential and abilities of students, not only in knowledge but also in life skills, especially in terms of innovative creativity which is an important capital in the era of  21st Century. This article discusses the concept of digital learning,  readiness for usage, and its role in developing students' innovative creativity.

Keywords— digital learning, creativity, innovation

 

Abstrak— Pembelajaran digital merupakan modus pendidikan masa kini yang dipengaruhi oleh perkembangan pesat teknologi komunikasi dan informasi pada era Industrial Revolution 4.0. Modus ini mempunyai potensi untuk mengembangkan potensi dan kemampuan anak didik bukan saja dalam hal pengetahuan tetapi juga dalam life skills, khususnya dalam hal kreativitas inovatif yang menjadi modal penting dalam kehidupan era Abad 21. Artikel ini membahas tentang pengertian pembelajaran digital serta kesiapan untuk menggunakan, dan perannya dalam pengembangan kreativitas inovatif mahasiswa.

Kata Kunci— pembelajaran digital, kreativitas, inovasi

References

Andang, lsmail. 2006. Educations Games; Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permaian Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media-Anggota IKPI

Aunurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Browne, M.N, & Keeley, S.M. 1990. Asking the Right Quations: A Guide to Critical Thinking. Englewoof Cliffs: Prentice Hall

Campbell, David. 2017. Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Hajar, Pamadhi. 2012. Pendidikan Seni: Kansep, Habitus, dan Kurikulum Pendidikan Seni di Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.

Mulyasa. E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang tua. Jakarta: PT Gramedia.

Rochman Natawidjaya dan Moein Moesa. 1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta; Depdikbud.

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: UNS Press.

Sunarto. 2016. Konsep Seni dalam Estetika Ekspresivisme. Yogyakarta: PT. Kanisius. . 2017. “Estetika dalam Konteks Pendidikan Seniâ€. Jurnal Refleksi Edukatika, 7 (2): 102-110.

Widiasaran. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Http://www.jpnn.com/read/2016/09/02/464833/Ini-7-Arah-Kebijakan-Sektor-Pendidikan- Tahun-2017.

Downloads

Published

2020-05-02