PERAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENCAPAI STANDAR MUTU PENGELOLAAN MENUJU MASYARAKAT 5.0

Authors

  • Wahdah Wahdah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyuasin

Abstract

Abstrak- The principal has a strong role in coordinating, mobilizing and harmonizing all available educational resources at school. Principal's leadership is one of the factors that can encourage schools to be able to realize the vision, mission, goals and objectives of their school. The purpose of this study is to find out how the role of the headmaster in achieving the quality standard of management towards the community 5.0. The method used in this research is literature study. The results of this study are that there are four steps taken by the principal as a manager in order to achieve management standards, namely, (1) the principal conducts planning, (2) the principal organizes, (3) the principal supervises and (3) the principal controls. In addition, in order to reach community 5.0, at least there should be an increase in skills related to ICT for teachers, students and staff.

 

Keywords-Managerial Role, Principal of Madrasah, Quality.

 

Abstract- Kepala sekolah memiliki peranan yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia disekolah. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolahnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam rangka mencapai standar mutu pengelolaan menuju masyarakat 5.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (literature study). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai manajer dalam rangka mencapai standar pengelolaan, yakni, (1) kepala sekolah melakukan perencanaan, (2) kepala sekolah melakukan pengorganisasian, (3) kepala sekolah melakukan pengawasan dan (3) kepala sekolah melakukan pengendalian. Selain itu, dalam rangka menuju masyarakat 5.0 maka setidaknya dilakukan peningkatan kemampuan terkait TIK baik untuk guru, siswa dan staff.

 

Kata Kunci- Peran Manajerial, Kepala Madrasah, Mutu.

References

Abdullah, Ridwan., dkk. (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Hayat, Bahrul., dkk. (2010). Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya

______________ . Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah Melalui Manajerial Skill. Jakarta: Rineka Cipta.

Kompas.com. (2018). Kepala Sekolah diimbau lakukan perubahan sesuai tantangan kekinian. Diakses 22 November 2019. https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/16/ 23091511/kepalasekolah-diimbau-lakukanperubahan-sesuai-tantangankekinian

Mulyasa. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tilaar. (2010). Paradigma Baru Pendidikan Naisonal, Rineka Cipta. Jakarta: Asdi Mahasatya

____. (2012). Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Tim redaksi Fokusmedia. (2008). Himpunan Peraturan Perundang-Undangan tentang Standar Nasional Pendidikan. Bandung : Fokusmedia.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Yusuf, Choirul Fuad. (2008). Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pena Citasatria

Yulizar dan Farida. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Disrupsi. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019.

Downloads

Published

2020-05-02