PENERAPAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMP NEGERI 5 PRABUMULIH

Authors

  • Azizul Mahendrartha Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— The principal has a very important role in managing the school. High and low quality of the school can not be separated from the role of the Principal. Qualified or professional principals are able to show good performance and have an impact on improving the quality of the school they lead. Therefore the principal's managerial ability is highly demanded to manage and manage all available resources including managing the School Literacy Movement (GLS) program. This research is a type of qualitative research with data collection techniques in the form of observation, documentation, and interviews. Efforts in implementing literacy have been developed by SMP Negeri 5 Prabumulih by various means including a program to enter the library once a week, collection of books in the library, reading corners, making reading halls, wall magazines, selection of reading ambassadors, and putting up posters about literacy and bring in a mobile library from the Prabumulih City Library. The School Literacy Movement (GLS) program was strongly emphasized by the school principal through a teacher council meeting with students because he saw that students at SMP Negeri 5 Prabumulih began to be concerned in reading and writing.

Keywords— Literacy, Application of Principal Managerial Competence, SMP Negeri 5 Prabumulih

 

Abstrak— Kepala Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan sekolah. Tinggi rendahnya kualitas sekolah tidak lepas dari peran Kepala Sekolah. Kepala Sekolah yang berkualitas atau profesional mampu menunjukkan kinerja yang baik dan berdampak pada meningkatnya kualitas sekolah yang dipimpinnya. karena itu sangat dituntut kemampuan manajerial kepala sekolah untuk mengatur dan mengelola semua sumber daya yang ada termasuk mengelola program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Upaya penerapan  literasi sudah  dikembangkan oleh SMP Negeri 5 Prabumulih dengan  melakukan berbagai cara yaitu antara lain program masuk perpustakaan setiap satu minggu sekali, koleksi buku di perpustakaan, pojok baca,  membuat pondok baca, majalah dinding, pemilihan duta baca, dan memasang poster tentang literasi serta  mendatangkan  perpustakaan  keliling dari Perpustakaan Kota Prabumulih. Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini sangat ditekankan oleh kepala sekolah melalui rapat dewan guru bersama siswa karena melihat bahwa siswa di SMP Negeri 5 Prabumulih mulai memprihatinkan dalam membaca dan menulis.

Kata Kunci— Literasi, Penerapan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, SMP Negeri 5 Prabumulih 

References

Alben Ambarita, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015

Buku Panduan Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta 2017

Cepi Triatna, Pengembangan Manajemen Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif, Bumi Aksara, Jakarta: 2014

Muhammad Ali, Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi, Angkasa, Bandung: 1987

Moleong, Motodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung: 2015

Norkolis, Manajemen berbasis sekolah, cet. Ketiga, Pt.Grasindo, Jakarta: 2006.

Pengertian Kepala Sekolah dalam, (https://tipsserbaserbi.blogspot.com/ /2015/09/pengertian-kepala-sekolah-menurut-para.html)

Pengertian Kompetensi dalam, (https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-kompetensi)

Pengertian Manajemen dalam, (https://www.zonareferensi.com/ pengertian-manajemen/)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Peringkat Literasi Indonesia dalam, (https://www.academia.edu/29061025/Melejitkan_Daya_Literasi_Indonesia)

Rohiat, manajemen sekolah, cet. Pertama, PT. Refika Aditama, Bandung: 2008

Suharsimi Arikunto, Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditia Media, 2008.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2020-05-04