INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN PROSES

Authors

  • Eka Rosmawati SMA Negeri 6 Prabumulih

Abstract

Abstract— Indonesian Learning Innovation through Process Approach. Today there are many teachers who use the technique theoretically and rote learning, so learning activities tend to berigid, monotonous, and boring. Especially in the Indonesian language teaching, the materialpresented in fact they could not rub off on students as rational, cognitive, and affective. The use ofconventional learning methods still that which impact on the level of mastery of the subject matterIndonesian students still low. Furthermore, the condition of this kind of learning is a form offailure of students in developing knowledge and language skills, and positive attitudes toward theuse of the Indonesian language is good and true. Conditions like these can be addressed byimplementing learning innovations that can be used by teachers in implementing the Indonesian language learning through a process approach, embodied in four aspects of Indonesian language skills, ie skills of listening, speaking, reading, and writing.

Keywords— Learn Indonesian, the learning process.

 

Abstrak— Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses. Dewasa ini masih banyak guru yang menggunakan teknik pembelajaran secara teoretis dan hafalan, sehingga kegiatan pembelajaran cenderung berlangsung kaku, monoton, dan membosankan. Terkhusus pada pelajaran bahasa Indonesia, materi yang disampaikan nyatanya masih belum mampu melekat pada diri siswa sebagai sesuatu yang rasional, kognitif, dan afektif. Penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional itulah yang berimbas pada tingkat penguasaan materi pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang masih rendah. Lebih jauh, kondisi pembelajaran semacam ini merupakan bentuk kegagalan siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan kebahasaan, serta sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kondisi seperti ini dapat diatasi dengan menerapkan inovasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan proses, yang tertuang ke dalam empat aspek keterampilan berbahasa Indonesia, yakni keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Kata Kunci— Inovasi pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan proses.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Ary, Donald., Jacobs, Luchy Cheser., & Razavieh, Asghar. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Terjemahan oleh Rurchan,

Djumingin, Sulastriningsih & Syamsudduha. 2009. Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Gintings, Abdorrakhman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung:

Humaniora. Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teoridan Praktik. Jakarta: Kencana. Sanjaya,

Wina. 2011. Strategi Pembelajaran PSBerorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Syaefudin, Udin. 2009. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-05-04