PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENUJU MASYARAKAT 5.0

Authors

  • Jumari Jumari SD Negeri 1 Makarti Jaya
  • Sena Suharya SMA Negeri 7 Prabumulih

Abstract

Abstract— During the current Industrial Revolution, the Indonesian government program was in use equity, society 5.0 has been launched again. Society 5.0 was an era that was sparked by the Japanese government with the concept of a human-centered and technology-based society. This new era is a challenge and opportunity for the community and especially students to improve soft skills so that they are able to improve their skills and skills for learning and learning so that they can become capital for the future. Therefore it is necessary to implement a language learning system that refers to HOTS (Higher Order Thinking Skills. Higher Order Thinking Skills (HOTS) is a process of thinking of students in a higher cognitive level developed from various cognitive concepts and methods and learning taxonomies such as the method problem solving, bloom taxonomy, and the taxonomy of learning, teaching, and assessment.The main aim of HOTS is how to improve students' critical thinking skills at a higher level.This type of research is qualitative research using descriptive methods. some literature.The result is by applying HOTS learning the ability of students to think critically in junior high school is faster in receiving various information, thinking creatively in solving a problem using the knowledge they have and making decisions in situations that are complex.

Keywords - Learning, Language; Community 5.0

 

Abstrak— Pada saat revolusi Industri sekarang ini program pemerintah Indonesia guna pemerataan, sudah diluncurkan kembali society 5.0. Society 5.0 merupakan era yang dicetuskan oleh pemerintah Jepang dengan konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based). Era baru ini menjadi tantangan dan peluang bagi masyarakat dan khususnya siswa untuk meningkatkan soft skill sehingga mampu meningkatkan kecakapan dan keterampilan untuk belajar dan belajar sehingga mampu menjadi modal untuk masa yang akan datang. Oleh sebab itu perlu menerapkan sistem pembelajaran bahasa yang mengacu pada HOTS (Higher Order Thinking Skills.  Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan suatu proses berpikir peserta didik dalam level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep dan metode kognitif dan taksonomi pembelajaran seperti metode problem solving, taksonomi bloom, dan taksonomi pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Tujuan utama dari HOTS adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada level yang lebih tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini didapat dari kajian beberapa literatur. Hasilnya dengan menerapkan pembelajaran HOTS kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis pada sekolah menengah pertama lebih cepat dalam menerima berbagai informasi, berpikir kreatif dalam memecahkan suatu masalah menggunakan pengetahuan yang dimiliki serta membuat keputusan dalam situasi-situasi yang kompleks.

Kata Kunci— Pembelajaran, Bahasa; Masyarakat  5.0

References

Suharfin, P. (2018, Oktober 27). Perkembangan Teknologi dan Dampaknya Bagi Kehidupan Bermasyarakat. Retrieved from https://www.kompasiana.com/putrianasf/5bd4071512ae94038a6a3839/perkembangan-teknologi-dan-dampaknya-bagi-kehidupan-bermasyarakat

Downloads

Published

2020-05-04