INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE LEARNING

Authors

  • Apriyanti Nababan Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— Information communication and technology is developing rapidly and is used in various fields of human life, including in education. The successful use of information and communication technology for learning needs is influenced by the ability of teachers to use it, the readiness of students to learn with the help of the technology, and the attitude of society and the environment towards the technology. Mobile technology has become a very important tool for human life and has changed the mindset and behavior of humans. The problem is: how can we use mobile-based technology positively, wisely and responsibly, especially in the field of English language learning in both formal and informal environments. Based on that problem. This paper discusses about how should students and teachers used  the mobile technology in both formal and informal environments. So that mobile technology is not used as a communication tool but also as  media  to improve English learning.

Keywords— M-learning, Learning media, English

 

Abstrak—Teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat dan dipergunakan diberbagai bidang kehidupan manusia termasuk di bidang pendidikan. Keberhasilan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk keperluan pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan guru menggunakannya, kesiapan siswa belajar dengan bantuan teknologi itu, serta sikap masyarakat dan lingkungan terhadap teknologi tersebut. Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sudah merambah kesemua sektor kehidupan  terutama sektor pendidikan.  Teknologi  berbasis mobile sudah menjadi sarana yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan telah merubah pola pikir serta peradaban manusia. Permasalahanya adalah: bagaimana kita memanfaatkan teknonolgi berbasis mobile secara positif, bijaksana serta bertanggung jawab, khususnya dalam bidang pembelajaran bahasa inggris baik dalam lingkungan formal maupun informal.Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka makalah ini membahas mengenai bagaimana seharusnya peserta didik dan tenaga pendidik dalam memanfaatkan teknologi mobile dilingkungan formal maupun informal. Sehingga penggunaan mobile bukan hanya menjadi alat komunikasi tetapi sebagai media/sarana dalam meningkatkan pembelajaran bahasa inggris.

Kata Kunci— M-learning, Media Pembelajaran, Bahasa inggris

References

Adimulyono, Aria. 2017. Aplikasi Belajar Bahasa Inggris pada Android. http://ilmuti.org/wpContent/uploads/2017/03/Aria_AplikasiBelajarBahasaInggrisPadaAndroid.pdf.

Ally, M., Lin, F., McGreal, R. dan Woo, B. 2005. An Intelligent Agent for Adapting and Delivering Course Materials to Mobile Learners. www.mlearn.org.za/CD/papers/ Ally-anintelligent.pdf.

Antonius, Adity H. dan Onno W. Purbo.2002. E-Learning berbasis PHP dan MySQL. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Attewell, J. 2005. From research and development to mobile learning: tools for education and training providers and their learners.www.mlearn.org.za/CD/papers/Attewell. pdf. 30 desember 2018, 11.46 WIB.

Gaffar, Mohammad fakir. 2007. Materi Mata Kuliah Pasca Sarjana Program Studi PIPS. Bandung: UPI.

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Kochar, S.K., Terj. H. Purwanta. dan Yovita, H. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta :Grasindo.

Laouris, Y., & Eteokleous, N. (2005). We need an educationally relevant definition of mobile learning. Paper presented at the 4th World Conference on Mobile Learning. Cape Town, South Africa. Retrieved on August 31, 2018, from http://www. mlearn.orgza/ CD/papers /Laouris2.pdf

Lehner, F., Nosekabel, H. Dan Lehmann, H. 2001. Wireless ELearning and Communication Environment:,http;//SunSITE.Informatik.RWTHAachen. de/Publications/CEUR-WS //Vol 61/paper2.pdf, 31 Desember 2018, 12.31 WIB.

Prawiradilaga, D., S. Ariana, D. & Handoko, H. 2016. Mozaik Teknologi Pendidikan e-learning. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Prensky, M. 2001. Digital Natives, Digital Immigrants, On the Horizon, 9 (5), p. 1- 6.

Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press. 13. Sanjana, Wina dan Budimanjaya, Andi. 2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sudjiono, Anas.2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:RajaGrafindo Persada.

Yu, Fuxin Andrew. 2012. Mobile/smartphone Use in Higher Education. Arkansas: University of Central Arkansas.

Zakaria, Muhammad. 2017. Tentang Edmodo: Pengertian, Manfaat dan Fitur-fiturnya yang Wajib Anda Ketahui. Diakses dari http://www.nesabamedia.com/pengertia n-manfaat-dan-fitur-edmodo

______ .2015. Pembelajaran dengan Google Classroom. Diakses dari http://elearning Industry.com/googleclassroom-a-free learningmanagement-system-for-elearning.

Downloads

Published

2020-05-04