INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KREATIF

Authors

  • Muhammad Ezra Kurniawan SMP Negeri 3 Sungai Lilin
  • Akbariah Rahmah SMP Negeri 6 Unggul Sekayu
  • Komalasari Komalasari SD Negeri 1 Lais

Abstract

Abstract—Information communication and technology is developing rapidly and is used in various fields of human life, including in education. The successful use of information and communication technology for learning needs is influenced by the ability of teachers to use it, the readiness of students to learn with the help of the technology, and the attitude of society and the environment towards the technology. the purpose of this study is to find broadly and deeply about the use of information and communication technology (ICT), especially computers with devices for learning in schools. The school that was the target of the research was Sekayu 6 Public Middle School. This research is a qualitative research, using the case study method through data collection techniques in the form of observation, documentation and interviews. The results of this study indicate the use of ICT in learning, inhibiting factors for the use of ICT in learning, supporting factors for the use of ICT in learning, and efforts to optimize the use of ICT in learning

Keywords—Innovation Utilization of ICT, Creative Education Learning, SMP Negeri 6 Unggul Sekayu

 

Abstrak— Teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat dan dipergunakan diberbagai bidang kehidupan manusia termasuk di bidang pendidikan. Keberhasilan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk keperluan pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan guru menggunakannya, kesiapan siswa belajar dengan bantuan teknologi itu, serta sikap masyarakat dan lingkungan terhadap teknologi tersebut. tujuan penelitian ini adalah menemukan secara luas dan mendalam mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya komputer dengan perangkatnya untuk pembelajaran di sekolah. Sekolah yang menjadi target penelitian adalah SMP Negeri 6 Unggul Sekayu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, faktor penghambat pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, faktor pendukung pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan upaya optimalisasi pemanfaatan tik dalam pembelajaran.

Kata Kunci— Inovasi Pemanfaatan TIK, Pembelajaran Pendidikan Kreatif, SMP Negeri 6 Unggul Sekayu

References

Husain Chaidar. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Journal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 2 no 2

Iwan Setiawan, Penerapan ICT dalam proses Pembelajaran, www.teknologipendidikan.com, 2008, diakses tanggal 4 Januar 2020

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosda Karya

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:Referensi

Nurdyansyah, Fahyuni E F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Patria, Lintang & Kristianus Yulianto. (2010). Pemanfaatan Facebook Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Makalah tidak Diterbitkan

Rusman, dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cetakan ke-2. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Salmilah. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Ict (Information Communication Technology). Journal Ulul Albab. Vol 12 No 2

Sudarma. (2008). Cara Mudah dan Cepat Memiliki Website Gratis di WWW.100webspace.com dengan AuraCMS Langsung Praktik On Line Internet. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono, (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Surjono, Herman Dwi. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Makalah, Disajikan dalam seminar MGMP Terpadu SMP/MTs Kota Magelang

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional PP RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Wahyu Purnomo, Pembelajaran Berbasis ICT, makalah : (disampaikan pada “Workshop Pembelajaran Berbasis ICT di Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan, 11-14 Agustus 2008).

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Cetakan ke-1. Jakarta: Asdi Maha Satya

Downloads

Published

2020-05-04