INOVASI METODE DAN STRATEGI MENGAJAR MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR

Authors

  • Hendra Gunawan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— In modern education era, demand inovation in education. Teachers shoud use technologi as good as possible. Using good method in teaching process must be, so  learning and teaching process will be flexible. It is urgent to use method and also teacher`s strategy in teaching, it is needed to solve the problem of some students who have low motivation in studying at Islamic Junior High School Two of Palembang.Especialy for the eighth grade students. For along time education model just for reproduce thingking, memorizing and find the correct answer from the item tests has not been done. Changing to high thinking creative and inovative.  Because, They are needed to face chalance on scient and technology progress. The writer use Care Stratey and Mind Mapping Method. Mind Mapping Method is one of alternatif that can be use to increas students` motivation in studying. So the students` do not feel bore, even they are happy, and without They realize they were studying how to write description a naun, animal, or place. The writer do the research in the eight class of Islamic Junior High School Two Of Palembang. By teaching Inovation done by he teacher, teaching and learning process is more intresting and it isn`t bore. teacher and the students should be able to to face future era. After 4.0 revolution. We must also be read to well come 5.0 society era.   

 Keywords— teaching strategy, mothod, increasing students` motivaton in studying, society 5.0

 

Abstrak— Era pendidikan moderen, menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran. Kemajuan teknologi harus dimanfaat kan sebaik- baik mungkin  oleh para pendidik. Penggunaan metode belajar dalam proses pembelajaran menjadi keharusan sehingga proses pembelajaran tidak stagnan dan kaku. Pendayagunaan atau inovasi pembelajaran pendidikan kreatif harus segera dilakukan, terutama strategi guru dalam mengajar dan metode metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru. Hal ini diperlukan untuk mengatasi siswa yang bermasalah terutama siswa yang kurang motivasi dalam belajar seperti yang di amati oleh penulis di MTs Negeri 2 Kota Palembang. Khususnya siswa kelas  delapan. Model pembelajaran yang selama ini hanya menekankan pada pemikiran reproduktif, hafalan dan mencari satu jawaban yang benar terhadap soal-soal yang diberikan sudah saatnya ditinggalkan, kini beralih ke proses-proses pemikiran yang tinggi termasuk berfikir kreatif dan inovatif. Hal ini dikarenakan berfikir kreatif, inovatif dan produktif sangat dibutuhkan untuk untuk menghadapi berbagai perbedaan dan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Penulis menggunakan strategi pendekatan kepedulian dan menggunakan metode pemetaan pemikiran. Metode ini adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, sehingga siswa tidak merasa bosan bahkan mereka senang. Tanpa mereka sadari mereka sedang belajar menulis atau mendeskrpsikan sebuah benda, sesuatu, atau tempat. Penulis melakukan penelitian di kelas 8 di Mts Negeri 2 Kota PalembangDengan inovasi mengajar yang di lakukan oleh guru, proses pembelajaran semakin menarik dan tidak membosankan, pendidik dan peserta didik harus Pendidikan siap dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Setalah revolusi 4.0,kita juga harus bergerak mempersiapkan diri kita untuk menghadapi  era Masyarakat 5.0

 Kata Kunci— Strategi mengajar, metode mengajar, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.era 5.0.

 

References

Dirjen Diknas. 2016. Panduan Gerakan literasi di Sekolah Menengah. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan da kebudayaan.

Harmer dalam Samaimbang. 2017.English Language Teaching in a Foreign Situation. Palembang: CV Citrabooks Indonesia.

Kompasiana. Com. 2016. Meningkatkan meniat baca siswa Indonesia Melalui GLS. Diakses tanggal 17 februari 2020 dari https:/www.kompasiana.com/didno76/meningkatkan minat-baca-siswa indonesia-meleui-gls.

Swadarman, 2013. Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta :Gramedia.

Downloads

Published

2020-05-04