INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KREATIF (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran)

Authors

  • M. Rizky Perdana Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang
  • Achmad Wahidy Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— The purpose of writing this article is to discuss learning innovations through the application of learning models in an effort to improve student learning outcomes. Based on the results of field research shows that the creativity of teachers in innovating in the learning process gives good results on student learning outcomes. Models, methods, approaches or specific ways are very good impact in improving student learning outcomes that are creative. The target is not only students, but teachers who have explored their creative potential. Because in reality a creative teacher who plays a role in efforts to improve the quality of his education has a significant impact, one of which is to hone his hidden creative potential in the teacher. So that all elements of education have a high dedication to the development of the expected quality and quality of education.

Keywords— creativity, learning models, education.

 

Abstrak— Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas tentang inovasi pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam berinovasi pada proses pembelajaran memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar siswa. Model, metode, pendekatan atau cara-cara khusus sangat berdampak baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang kreatif. Target yang dituju tidak hanya siswa, tetapi guru-guru yang dieksplorasi potensi kreatifnya. Karena pada kenyataannya seorang guru kreatif yang berperan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikannya mempunyai dampak yang signifikan, salah satunya adalah dengan mengasah potensi kreatifnya yang tersembunyi dalam diri guru. Agar semua elemen-elemen pendidikan mempunyai dedikasi tinggi terhadap pengembangan kualitas dan kualitas pendidikan yang diharapkan.

Kata Kunci— kreativitas, model pembelajaran, pendidikan.

 

References

Amir, M. Taufiq. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning (bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Danim, Sudarwan. (2010). Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Dewantara, Ki Hadjar. (1962). Pendidikan (Bagian Pertama). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Fitriani, Yulianti. (2011). “Relativisme Budaya dalam Perkembangan Nilai dan Kreativitasâ€. Artikel.

--------------------------------. “Inovasi Pendidikan di Sekolah Dasarâ€. SAP dan Handout Perkuliahan.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supriadi, Dedi. (1994). Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Ace. (2009). Mewujudkan Masyarakat Pembelajar (konsep, kebijakan, dan implementasi). Bandung: Widya Aksara Press.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (konsep, landasan teoritis – praktis dan implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. http://johnforindonesia.blog.com/2008/07/20/har i-anak-nasional-dan-hak-anak-atas-pendidikan/ diakses pada tanggal 13 Desember 2019.

Downloads

Published

2020-05-04