MOOCs SEBUAH TREN PENDIDIKAN MASA DEPAN

Authors

  • Eko Risdianto Universitas Bengkulu

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan faktor yang penting dalam sebuah negara. Hak untuk mendapatkan pendidikan di lindungi oleh undang undang. Pengaruh perkembangan teknologi terhadap penyelengaraan pendidikan membuat terjadinya pergesaran, pendidikan yang sebelumnya banyak di dapatkan hanya melalui pendidikan formal, saat ini semakin banyak yang menyediakan pendidikan nonfomal yang bermutu, terbuka yang diakses dengan mudah, murah melalui bantuan teknologi. Dengan teknologi sumber- sumber belajar dapat diakses lebih mudah . Untuk menghadapi tantangan era revolusi industry 4.0 dan perkembangan teknologi ke depan dibutuhkan banyak pengetahuan dan ketrampilan-ketrampilan (Skills). Kita akan menghadapi industri yang tidak lagi melihat gelar sebagai syarat untuk diterima atau tidaknya, tetapi apakah kita memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan industri tersebut. Salah satu wadah pendidikan nonformal yang menyediakan ini adalah MOOCs atau yang dikenal dengan kepanjangan Massive Open Online Course. MOOCs merupakan sebuah wadah yang mengusung prinsip keterbukaan (openess) dengan memanfaatkan teknologi yang memungkinkan keterlibatan peserta dalam jumlah yang banyak. MOOCs akan menjadi trend pendidikan masa depan dan menjadi pilihan bagi masyakat dalam memperoleh pendidikan.

Kata kunci : MOOCs, Pendidikan, Trend Pendidikan

Abstract 

Education is an important factor in a nation. The right to receive education is protected by the Indonesian law. The influence of the development of technology toward education created changes, for example, previously education can only be obtained through formal education, but now it is also accessible through qualified informal education with the support of technology. With technology, the sources of learning can be accessed easily. To face the challenges of the industrial era 4.0 and the development of technology, people need to have more knowledge and skills. People face the industry where the degree obtained from college is not the only requirement to be accepted as a worker, but the knowledge and skills. One of the non-formal education institutions which provide knowledge and skills is Massive Open Online Course (MOOCs). A medium that has openess principle integrating technology that enables the involvement of many participants. MOOCs has become the future trend of education and the choice of the community to obtain education.

Keywords: MOOCs, Education, Education Trend

References

Hardi, R., Gunawan, & Sumardi. (2018). Pendekatan Baru Teknologi Mooc Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Pemrograman. SNITT- Politeknik Negeri Balikpapan 2018, 317–323.

Husna, J. (2019). Implementasi MOOCs di Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia). Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(3), 247–256.

Ismail, M. E., Hashim, S., Ismail, I. M., Ismail, A., Daud, K. A. M., & Khairudin, M. (2018). Penggunaan Massive Open Online Course (Mooc) Dalam Kalangan Pelajar Vokasional. Journal of Nusantara Studies, 3(1), 30–41.

Praherdhiono, H., Adi, E. P., & Prihatmoko, Y. (2018). KONSTRUKSI DEMOKRASI BELAJAR BERBASIS KEHIDUPAN PADA IMPLEMENTASI LMS DAN MOOC. Edcomtech, 3(1), 21–28.

Risdianto, E. (2019). Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. 1–12.

Sukoco, J. B., Kurniawati, N. I., Werdani, R. E., Studi, P., Perkantoran, A., okasi, S., Diponegoro, U., Studi, P., Pemasaran, M., Vokasi, S., Diponegoro, U., Studi, P., Pemasaran, M., Vokasi, S., Diponegoro, U., Studi, P., Perusahaan, M., Vokasi, S., & Diponegoro, U. (2019). Pemahaman Pendidikan Vokasi. JURNAL PENGABDIAN VOKASI, 01(01), 23–26.

Suwardana, H. (2017). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 102–110. https://doi.org/http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jatiunik/article/view/117/0

Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.

Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82–90. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.843.2019

Winangun, K. (2017). Pendidikan Vokasi Sebagai Pondasi Bangsa Menghadapi Globalisasi. Jurnal Taman Vokasi Vol., 5(1), 72–78. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1493

Downloads

Published

2021-04-20