RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS) SEBAGAI WUJUD PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA (PBI)

Authors

  • Rahmad Rahmad Universitas Madura

Abstract

Abstrak

 Sebagai seperangkat rencana pendidikan, kurikulum dikembangkan menjadi perencanaan tertentu. Di peguruan tinggi perencanaan semester dibuat dosen berbentuk Rencana Perkuliahan Semester (RPS). RPS dibuat berdasarkan Dokumen Kurikulum (DK) prodi yang disusun berdasarkan Standard Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) yang standarnya mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Standar tersebut berbentuk Capaian Pembelajaran (CP) sebagaimana lampiran Kemendikbud Nomor 03 tahun 2020. Untuk mengetahui kesesuaian isi antarkomponen RPS, antara RPS dengan DK, dan antara RPS dan DK dengan SN Dikti-KKNI, penelitian ini menganalisis sejumlah RPS buatan dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI). Hasil analisis menunjukkan (1) sebagian RPS telah menunjukkan keutuhan namun sebagian lainnya masih belum menunjukkan hubungan yang utuh antarkomponennya; (2) RPS tersebut tidak sepenuhnya menggambarkan isi DK, ada yang meluas ada pula yang menyempit; dan (3) DK Prodi PBI dalam hal rumusan keterampilan tidak sepenuhnya menggambarkan rumusan keterampilan yang terdapat dalam SN Dikti yang berarti juga belum sepenuhnya menggambarkan KKNI.

 Kata kunci: RPS, DK PBI, SN Dikti, dan KKNI

 

Abstract

As a pack of education plans. Curiculum was developed into a certain plan. In higher education, a semester plans was made by lectures in Semester Course Plan (RPS). RPS was made according to Curiculum Documents (DK) which is arrange based on National Higher Education Standard (SN Dikti)by a standard that reffering to Indonesia National Qualification Framework (KKNI). Those Standards shaped into Learning Achievement (CP), as attached in Education and Cultural Ministry number 03 Year 2020, to explore the match between the component among RPS, between RPS with DK, and between RPS, DK with SN Dikti-KKNI. This research aims to analyse a numbers of  RPS made by lectures of Bahasa Indonesia Educational Major (PBI). The analysis are showing (1) A part of RPS has performed integrity, yet the other half has not showing the fully connections between the components itself; (2) The RPS does not fully describe the contents of DK, some are widespread, and some are narrowed; and (3) DK in PBI Major in the prespecitve of Skill's Conspectus, doesn;t fully describe the conspectus consisted in SN Dikti, which also mean, not describing KKNI yet.

 Keyword : RPS, DK PBI, SN Dikti, and KKNI.

References

Bintang Petrus Sitepu dan Ika Lestari. 2018. Pelaksanaan Rencana Pembelajaran Semester dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan - Vol. 32 No. 1 April 2018

Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2018. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0.

Dokumen Standar. 2019. Standar Proses Pembelajaran Universitas Madura 2019. https://bpm.unira.ac.id/mutu-0051

Isman, A. (2011). Instructional Design in Education: New Model. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 10(1), 136–142.

Permendkbud Nomor 24 tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran pada Kurikulum 2013.

Permendikbud No. 03 Tahun 2020 tentang

Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Seel, N. M., Lehmann, T., Blumschein, P., & Podolskiy, O. A. (2017). What is Instructional Design? Instructional Design for Learning, 1–17. https://doi.org/10.1007/978-94- 6300-941-6_1

Zuchdi, Darmiyanti dan Wiwik Afifah. 2019. Analisis Konten Etnografi & Ground Theory dan Hermeneutika dalam Penelitian. Jakarta:Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-04-20