KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM TEORI DAN PRAKTEK PADA LEMBAGA PENDIDIKAN SWASTA

Authors

  • Suryawahyuni Latief Universitas Nurdin Hamzah Jambi
  • Yulfi Alfikri Noer Universitas Nurdin Hamzah Jambi
  • Samsuddin Samsuddin Universitas Nurdin Hamzah Jambi
  • Santi Hendrayani Universitas Thaha Saifuddin Jambi

Abstract

Abstrak

 Kepemimpinan pendidikan merupakan cara yang melekat pada diri seorang pimpinan dalam menjalankan tugasnya melalui orang-orang yang dipimpinnya pada lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan di Indonesia terdiri atas lembaga pendidikan negeri dan lembaga pendidikan swasta. Kepemimpinan pada lembaga pendidikan swasta baik sekolah maupun perguruan tinggi pada hakekatnya diperoleh melalui tahapan yang telah ditetapkan oleh peraturan pemerintah dan disesuaikan dengan kebijakan atau peraturan lembaga swasta tanpa mengurangi apa yang telah ditetapkan dalam peraturan pemerintah untuk dijadikan sebagai pedoman. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepemimpinan kependidikan pada lembaga pendidikan swasta berkenaan dengan cara perolehannya dan tanggungjawabnya dalam memimpin. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka (library research) dengan menggali informasi melalui literatur berkenaan dengan kepemimpinan dan pendidikan untuk menjawab fokus kajian pada penelitian ini.Hasil dari penelitian menunjukkan, bahwa pada lembaga pendidikan swasta berkenaan dengan asal usul perolehan kepemimpinan pada umumnya menyimpang dari teori-teori asal usul kepemimpinan yang dikemukakan para ahli, karenaperoleh kepemimpinan lebih banyak berdasarkan faktor kedekatan dengan pemilik lembaga pendidikan swasta dan peran utama yang dijalankan pada umumnya didominasi oleh tuntutan dan keinginan pemilik lembaga pendidikan swasta sehingga kaangkala berbenturan dengan peraturan pemerintah yang dijadikan sebagai tolok ukur dalam menjalankan kepemimpinannya.Hal ini berdampak pada budaya organisasi yang tidak sehat serta kualitas lembaga yang rendah.Oleh karena itu, pemimpin lembaga pendidikan swasta yang memperoleh kekuasaan dan kewenanga berdasarkan faktor kedekatan perlu meningkatkan diri dan menjalin hubungan kerja yang baik dengan tenaga pendidik.

 Kata kunci: Lembaga Pendidikan Swasta, Kepemimpinan Pendidikan, Teori dan Praktek

 

Abstract

 Educational leadership is a way that is inherent in a leader in carrying out his duties through the people he leads in educational institutions. Consists of educational institutions in Indonesia and private educational institutions. Leadership in private educational institutions, both schools and universities, is essentially determined by government regulations and adjusted to the policies or regulations of private institutions without reducing what has been stipulated in government regulations to be made new. This study aims to provide an overview of educational leadership in private educational institutions by means of their acquisition and responsibilities in leadership. The research method used is literature review (library research) by studying information through the literature regarding leadership and education to answer the focus of the study in this study. The results of the study show that in private educational institutions regarding the origin of leadership generally deviates from theory - the theory of the origin of leadership put forward by experts, because leadership is more based on the factor of proximity to private educational institutions and the main role that is carried out is generally dominated by the desire of the owners of private educational institutions so that sometimes it collides with regulations that are used as measuring guidelines in carrying out their leadership. This has an impact on an unhealthy organizational culture and low quality of institutions. Therefore, leaders of private educational institutions who obtain power and authority based on proximity factors need to improve themselves and establish working relationships. a good number of educators.

 Keywords: Private Educational Institutions, Educational Leadership, Theory and Practice

References

Arikunto, S. (2002). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Amalia, A., & Muslimah, M. Procedures for Evaluating Learning Outcomes of Islamic Education. Bulletin of Science Education, 1(1), 16-21.

Baptiste, M. (2019). No teacher left behind:The impact of principle leadership styles on teacher job satisfication and student success. Journal of International education and leadership, Vol 9 (1).

Cansoy, R. (2019). The relationship between school principals’ leadership behaviors and teacher’ job satisfaction: a systematic review. International education studies, Vol12(1).

Ekalawati, R., Fitria, H., & Mulyadi, M. (2020). Pengaruh Kepemimipinan Kepala Sekolah dan Komitmen Kerja Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Al Qiyam, 1(1), 173-179.

French, J., & Raven, B.H. (1959).The Bases of social power dalam D. Cartwright (Ed), Studies of Social Power. Ann Arbor, MI: Institute for Social Research, 150-167.

Handoko, T. (1984).Manajemen edisi 2.Yogyakarta: BPFE.

Hartati, J., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Al Qiyam, 1(1), 149-159.

Hicks, G. Herbert., & Gullet, R. C. (1995).Organization: Theory and Behavior, Terj.Kartasapoetra.Jakarta: Bumi Aksara.

Khaki, J.E.A., Safdar, Q. (2010).Educational leadership in Pakistan: ideals and realities. Karachi: Oxford University Press.

Kilicoglu, D. (2018). Understanding democratic and distributed leadership: how democratic leadership of school principals related to distributed leadership in school? Educational policy analysis and strategic research, V13(2).

Knowles, G. (2011). Quality Management. Diakses dari httpbookboon.com pada hari Senin tanggal 11 Jnauari 2021.

Latif, M., & Latief, S. 2018.Teori manajemen pendidikan.Jakarta: Prenada media.

Minztberg, H. (1983). The nature of Managerial work. New York: Harper & Row

Moore, T.W. 2010.Philosophy of education: An introduction. New York: Routledge Taylor & Francis group.

Ormrod, J.E. 2012.Human learning.Boston: Pearson.

Priyono & Marnis.(2008). Manajemen Sumber Daya Manusia.Sidoarjo: Zifatama.

Purwana, D., Ahmad, A., & Saptono, A. (2020). The Influence of Leadership and Work Environment toward Organziational Citizenship Behavior (OCB) through Work Satisfaction. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(2), 57-71

Rehman, U.A., Khan, I.M., & Waheed, Z. (2019).School head’s perceptions about their leadership styles.Journal of education and educational development, Vol 6(1).

Robbins, S.P. (2003). Organizational Behavior. Indeks (Terj). Jakarta: PT indeks Kelompok Gramedia.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R &B. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U., & Sulo, LS. (2010). Pengantar Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Toffler.A. (1983).Kejutan dan Gelombang.Terj.

Downloads

Published

2021-04-20