PEMBIASAAN ZIKIR PAGI MEMBACA AL-MA’TSURAT DALAM MEMBENTUK SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH SUKAMARA

Authors

  • Wahidah Wahidah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
  • Khoyumatul Kiftiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
  • Muslimah Muslimah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang pembiasaan pembiasaan zikir pagi membaca al-ma’tsurat dalam membentuk spiritual peserta didik di SMP Muhammadiyah Sukamara. Menggunakan jenis penelitian lapangan. Penggalian data dilakukan dengan metode observasi langsung, wawancara kepada subjek penelitian yaitu guru pembimbing Al-Quran dan dengan informen penelitian yaitu kepala sekolah, siswa dan orang tua siswa. Hasil penggalian data dideskripsikan secara kualitatif analtik. Temuan penelitian adalah kegiatan membaca zikir pagi al-ma’tsur adalah program sekolah yang disosialisasikan saat pengenalan sekolah dan penerimaan peserta didik baru. Dilaksanakan setiap pagi dalam acara “pagi ceria†yang sudah masuk terjadwal sebagai implementasi visi dan misi sekolah. Maksud dari kegiatan ini adalah untuk membiasakan berzikir pagi sebagaimana sunnah Rasulullah SAW. Sehingga terciptanya lingkungan sekolah yang Qur’ani dengan demikian maka diharapkan dapat menanamkan nilai spritual kepada siswa.

 

Kata kunci: Pembiasaan Zikir, Al-Ma’tsurat, Spiritual Peserta Didik

 

Abstract

This study aims to learn about the habituation of morning zikir reading al-ma'tsurat in shaping the spirituality of students at SMP Muhammadiyah Sukamara. Using this type of field research. Data mining was carried out by direct observation methods, interviews with research subjects, namely Al-Quran supervisors and with research information, namely the head of students, students and parents of students. The results of data mining are described qualitatively. The research finding is that the activity of reading the morning zikir al-ma'tsur is a school program that is socialized during the introduction of schools and the admission of new students. It is held every morning in the “cheerful morning†program which has been scheduled as an implementation of the school's vision and mission. The purpose of this activity is to make morning dhikr accustomed to crossing the sunnah of the Prophet Muhammad. So that the creation of a Qur'anic school environment is thus expected to instill spiritual values in students.

 Keywords : Habit of recitation, Al-Ma'tsurat, Spiritual Students

References

Elyas Darmawati, Mengembangka Kecerdasan Emosional Melalui Musola, Palangka Raya: Narasi Nara, 2018.

Hasan Al-Banna, Al-Matsurat Zikir Dan Doa Rasulullah Pagi Dan Sore, Jakarta: Pustaka Nuun, 2016.

Iqbal, M. (2019). Penerapan Kompetensi Pedogogik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 1(1), 111-143.

Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan sumber belajar berbasis karakter peserta didik (ikhtiar optimalisasi proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI)). Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 176-192.

Muslimah, Nilai Religious Culture Di Lembaga Pendidikan, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya: 2000.

Program Kerja SMP Muhammadiyah Sukamara Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 1-17.

Sudarmo, Muslimah, Teacher’s Leadership Competency In Managing Online Instruction During The Pandemic

Disruption In Indonesia, Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 5 Nomor 1 Tahun 2020. h.430-445 https://doi.org/10.31538/ndh.v5i3.1018

Yusmarlina, Muslimah, Peran Orangtua dalam Pendidikan Aqidah Anak,Jurnal A-Qiyam, Volume 1 Nomor 1, June 2020. h. 109-118

Downloads

Published

2021-04-20