Tranformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi

Authors

  • Ali Maksum Paramount School Palembang
  • Happy Fitria Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstrak

 Dalam perkembangan zaman manusia terus berkembang dan menyesuaikan sesuai dimana dia hidup di zamannya. Manusia dalam perkembangannya selalu berinovasi agar hidupnya lebih efektif dan praktis. Sarana yang digunakan dalam penyesuaikan dan perubahan tersebut manusia memanfaatkan teknologi. Teknologi membawa kehidupan manusia lebih mudah dan efisien. Dalam masa perubahannya, bisa terjadi secara lambat atau radikal dan revolusi. Masa Pandemi coviod-19 mengantarkan manusia pada teknologi digital yang merambah dalam segala lini kehidupan baik sosial, ekonomi ,budaya bahkan ke arah dunia pendidikan. Pandemi merupakan pintu menuju transformasi pendidikan ke arah digital. Perubahan media pengajaran dan perubahan sumber belajar ke arah digitalisasi memaksa semua stakeholder pendidikan harus mau berubah dan meninggalkan `zona nyaman`. Cara-cara pengajaran di era revolusi industri juga harus di sesuaikan dengan hal-hal yang dibutuhkan pada era ini. Penyesuaian tersebut berupa pengajaran berbasi proyek, kolaborasi, inovasi dan berorientasi lifes skill merupakan modal utama bekal siswa menuju era abad 21.  

 Kata kunci: Revolusi Industri, Digital, Transformasi, Education

 

Abstract

 The development of human age continues to develop and adapt according to where he lived in his time. Human in their development always innovates so that their lives are more effective and practical. The means that are used in such adaptation and change, humans make use of technology. Technology makes human life easier and more efficient. During the period of change, it could be slow or radical and revolutionary. The Covid-19 pandemic led people to digital technology that penetrated all ways of life, be it social, economic, cultural, and even towards the world of education. The pandemic is the door to the transformation of education to digital. Changes in teaching media and changes in learning resources towards digitization force all educational stakeholders to be willing to change and leave their 'comfort zone'. The methods of teaching in the industrial revolution era must also be adjusted to the things needed in this era. These adjustments in the form of project-based teaching, collaboration, innovation, and life skill orientation are the main assets of students' provision for the 21st-century era.

 Keywords: Industrial revolution, Digital, transformation, Education

References

Bramasta, D. B. (2020, Desember 32). Update Corona di Dunia 30 Desember: 82 Juta Kasus | Spanyol Akan Lacak Orang yang Enggan Divaksin. Jakarta, DKI jakarta, Indonesia.

Diknas, G. (2020 ). pgdiknas.kemendikbud.go,id/read-news. Diambil kembali dari pgdiknas.kemendikbud.go,id: http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/perubahan-dalam-dunia-pendidikan-perlu-dilakukan

Ghivarianto, R. D. (2020, Mei 03). https://news.detik.com/berita. Diambil kembali dari news,detik.com: https://news.detik.com/berita/d-5000432/digitalisasi-pendidikan-nadiem-makarim-bicara-teknologi-perkuat-guru

Ghufron, M. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan Peluang dan Solsui bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (hal. 333). Universitas Indraprasta PGRI.

Gilster. (1997). Digital literacies: Policy, Pedagogy, and reasearch consideration for Education. Sidney: James Cook University.

Hamdan, A. R. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2.

Harahap, M. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Peran Pendidik Di Abad 21 Dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (hal. 578-580). Medan: Universitas negeri Medan.

J. Loonam, S. E. (2018). Towards digital transformation: Lessons learned from. Strateg. Chang, 101-109.

Liao, Y. L. (2018). The Impact of The Fourth Industrial Revolution : a Cross-Country/Region Comparison. Production ProducâO, 28,1-18.

Ngongo dkk. (2019). Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan program Pascasarjana Univeristas PGRI, 628.

Reflianto, S. &. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6, 2.

Trisanti, P. B. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. . Prosiding Semateksos 3 “Strategi Pengembangan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0â€, 22-27.

Wagner, T. (2010). Overcoming The Global Achievement Gap. Cambridge: Harvard University.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129- 135. Retrieved from https://scholar.vt.edu/access/ content/group/5deb92b5-10f3-49db-adeb7294847f1ebc/e-Learning%20Scott %20Midkiff.pdf.

Trilling, Bernie and Hood, Paul. 1999. Learning, Technology, and Education Reform In The Knowledge Age, (Online), (https://www.wested.org/online_pubs/ learning_technology.pdf.), diakses tanggal 11 Mei 2016

Downloads

Published

2021-04-21