PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak
Yang melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian ini adalah kinerja guru pada masa pandemi Covid-19. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja tersebut, salah satunya adalah kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Air Sugihan dengan populasi sekaligus sampel berjumlah 33 orang guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi dengan bantuan Program IBM SPSS versi 25. Hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada masa pandemi Covid-19.
Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Covid-19, Kinerja Guru
Abstract
The background for the implementation of this research is the performance of teachers during the Covid-19 pandemic. Many factors influence this performance, one of which is the principal's leadership. The purpose of this research was to describe and analyze the influence of the principal's leadership on teacher performance during the Covid-19 pandemic. This research uses quantitative research methods conducted at SMA Negeri 1 Air Sugihan with a population as well as a sample of 33 teachers. Data were collected using a questionnaire, then the data were analyzed using descriptive analysis and regression with the help of the IBM SPSS version 25 program. The results showed that principal leadership had a positive and significant effect on teacher performance during the Covid-19 pandemic..
 Keywords: Principal Leadership, Covid-19, Teacher Performance
Â
References
Firmansyah, Y dan Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolaan Sekolah Dan Peserta Didik. (online) Tersedia pada : https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107
Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nadeak, Bernadetha dan Juwita, Citra Puspa. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menjaga Tata Kelola Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19. (online) Tersedia pada: https://doi.org/10.29210/149400
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar Profesional Guru. Strategi praktis mewujudkan citra guru profesional. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.