PENERAPAN E-LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kgs Rachmad Dody Fadillah SD Paramount Palembang

Abstract

Abstrak

 Penelitian ini berawal dari adanya kebijakan pemerintah yang mewajibkan siswa belajar dari rumah sebagai akibat dari  pandemi covid -19. Dengan adanya kebijakan ini maka model pembelajaran E- learning dinilai sebagai alternatif yang dapat diterapkan dimasa pandemi ini.Penelitian ini adalah merupakan penetian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, interview serta dokumentasi.Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan E-learning di SD Paramount Palembang terdiri atas:  perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran e-learning. Problematika dalam penerapan E-learning antara lain:  sulit mengukur standar penilaian afektif dan psikomotrik siswa, rendahnya motivasi belajar siswa  dan dukungan orangtua. Strategi guru dalam penerapan pembelajaran E- learning dengan pemanfaatan berbagai aplikasi - aplikasi untuk mendukung proses pelaksanaan pembelajaran serta membangun komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa.

Kata kunci: E-learning dan Starategi

Abstract

This research originated from the government’s policy that force the students to study from home as the  effect of Covid -19 Pandemic. E- learning is considered as the choice  that can be implemented in this pandemic time. This research is descriptive qualitative with data collection techniques in the form of observation, interview  and documentation. The subjects of the reseach are principal, vice principal of curriculum and students. The results of this study showed that the implementation of E-learning method at the Paramount School Palembang are consits of Planning, Implemen -tation, and Evaluation. The problem faced are difficulties in measuring the affective and psychomotor evaluation and students’ learning motivation and parents’support are low. The strategy used in implementing E-learning are by using some applications and building communication among teacher, students, and parents.

 Keywords: E-learning and  strategy

References

Afifuddin. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi, l. k. (2011). Strategi PembelajaranSekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan,Solusi dan Harapan:Pembelajaran Daring Di masa Covid 19. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol10 No.3 , 288-289.

E.Hartley, D. (2001). Selling E-learning. American Society for Training and development.

Efendy, E. ,. (2005). E- learning ( Konsep dan Aplikasi ). Yogyakarta: Andi offsets.

Horton, W. H. (2003). E- learning Tools and Technologies; a consumer's guide for trainers,teachers,educators, intructional designers. Willey Publising inc.

Moelong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Rosda Karya Remaja.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfa Beta.

Poppy, R. (2010). E- learning dan Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfino Raya.

Reni Wijaya, M. L. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pemanfaatn E - Learning Vol 9 No.2. Jurnal Dimensi, 202-216.

Silahuddin. (2015). Penerapan E-learning dalam Inovasi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Circuit Vol 1 No.1.

Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020.Pelaksanaan KebijakanPendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Viru Disease Covid 19.Diakses pada 10 Januari 2020 dari https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaranmendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikandalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Downloads

Published

2021-04-21