MENINGKATKAN PERAN AKTIF MURID DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PENDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak
 Kondisi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini sudah terjadi sekitar satu tahun di Negara Indonesia membawa dampak yang cukup signifikan termasuk bagi dunia pendidikan. Pembelajaran dilakukan jarak jauh dan dalam jaringan termasuk di SMA Negeri 5 Palembang. Beragam aplikasi digunakan untuk mengakomodir pembelajaran yang tepat selama pendemi ini dengan beragam sumber belajar yang mudah didapatkan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan evaluasi dan refleksi pembelajaran dalam jaringan. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi serta pengisian kuisioner dengan dilengkapi data pendukung lainnya. Pembelajaran secara daring merupakan hal baru bagi murid di SMA Negeri 5 Palembang juga secara umum murid sekolah menengah atas lainnya. Dari penelitian ini hasil analisa data menunjukkan adanya peran media dan metode pembelajran terhadap  peran aktif murid dalam proses pembelajaran yang kemudian berkontribusi terhaap hasil belajar. Murid dan guru memerlukan komitmen bersama di awal pembelajaran untuk bisa menentukan aplikasi dan media belajar yang tepat dalam kegiatan belajar. Pembelajaran daring dan jarak jauh menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan aplikasi daring yang mudah penggunaannya. Media pembelajaran berupa video dan power point yang menarik mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam kondisi daring. Metode pembelajaran secara diskusi dan berkelompok juga memberikan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran yang berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar
 Kata kunci: Daring, Blended Learning, Covid-19
Â
 Abstract
 The condition of the Covid-19 pandemic, which has been occurring for about a year in Indonesia, has had a significant impact, including for the world of education. Learning is carried out remotely and in a network including at SMA Negeri 5 Palembang. Various applications are used to accommodate appropriate learning during this pandemic with a variety of learning resources that are easily available. This research was conducted with the aim of obtaining evaluation and reflection of online learning. The research method used was observation and questionnaire filling with other supporting data. Online learning is something new for students at SMA Negeri 5 Palembang as well as for other high school students in general. From this study, the results of data analysis indicate the role of media and learning methods in the active role of students in the learning process which then contributes to learning outcomes. Students and teachers need joint commitment at the beginning of learning to be able to determine the appropriate application and learning media in learning activities. Online and distance learning use Blended Learning Learning Model assisted by online applications that are easy to use. Learning media in the form of videos and interesting power points can improve student learning outcomes in online conditions. Discussion and group learning methods also give students an active role in learning activities that contribute to improving learning outcomes
 Keywords: Online, Blended Learning, Covid-19
Â
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.10 No.3.
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 217-226.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Halm 55-61.
Hanum, N.S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, vol.3, no.1 (2013) diunduh pada journal.uny.ac.id/index.php/jpu/article/view/1584/1314
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning 1 (The Dilemma and the Challenge of. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4, 1–13
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645.
Kemenkes Republik Indonesia. (2020). pencegahan dan pengendalian coronavirus disease (Covid-19) (Jakarta, dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit.
Purwantodkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses PembelajaranOnline di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92.
Wulandari, M.S. & Rahayu, N. (2010). Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).