PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL PEDUKUNG BELAJAR DARI RUMAH DI TK PARAMOUNT
Abstract
Abstrak
 Penyebaran virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru di bidang pendidikan dimana kebijakan tersebut untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan satuan kependidikan. Kebijakan yang ditempuh adalah penerapan belajar dari rumah secara online. Pembelajaran secara online bisa menggunakan aplikasi zoom meeting.  Penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi belajar dari rumah dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Penelitian ini dilakukan di TK Paramount tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian (1) mengetahui proses belajar dari rumah dengan menggunakan aplikasi zoom meeting (2) aktivitas pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan zoom meeting. Teknik yang dipakai merupakan penelitian induksi atau pengamatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi dalam mencari yaitu: dokumen, wawancara, dan observasi. Siswa usia 5-6 tahun di TK Paramount merupakan subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi zoom meeting efektif untuk mendukung belajar dari rumah karena memudahkan siswa untuk memahami materi yang diberikan oleh guru serta dapat berinteraksi secara langsung
 Kata kunci: strategi,belajar online, aplikasi zoom meeting
 Abstract
 The spread of the Corona virus which causes the Covid-19 disease has prompted the government to issue a new policy in the field of education where the policy is to prevent the spread of the Corona virus in the educational unit. The policy adopted is the application of learning from home online. Online learning can use the zoom meeting application. This research is to describe the home learning strategy using the zoom meeting application. This research was conducted at Paramount Kindergarten in the 2020/2021 school year. The research objectives (1) determine the learning process from home using the zoom meeting application (2) learning activities carried out using zoom meetings. The technique used is induction research or phenomenological observation. This study uses various sources of triangulation: documents, interviews, and observations. Students aged 5-6 years at Paramount Kindergarten are the research subjects. The results of this study indicate that learning using the zoom meeting application is effective for supporting learning from home because it makes it easier for students to understand the material provided by the teacher and can interact directly
 Keywords: strategy, online learning, zoom meeting application
References
Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Online Kerjasama Kemendikbud, Gratis. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-online-kerjasama-kemendikbud-gratis. Diunduh 4 januari 2020
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV. Jejak
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran di Taman ksiswa-ksiswa, Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran online di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Guruan, 2(1), 55-61.
Dokumen Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Guruan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dalam format PDF ini ditandatangai oleh Menteri Guruan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada tanggal 9 Maret 2020
Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Khusus Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dalam format PDF ini ditandatangai oleh Menteri Guruan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada tanggal 24 April 2020
Keegan, D. J. (1980). On defining distance education. Distance Education, 1(1), 13–36. https://doi.org/10.1080/0158791800010102
Ismawati, Dwi. Efektivitas Pemblajaran Menggunakan Videp Conference Pada Siswa usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Guruan Siswa Usia Dini. Volume 5 Issue 1, Halm 665-675
Kusuma, A. (2011). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Guruan, 14(1), 37.
Lestari, Selvy Windy. 2020. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Guruan. Volume 2 No. 3.
Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2016). Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Generasi Z. Universitas Mercubuana.
Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 77–84.
Nugraheny, Dian Erika (2020). Siswa Belajar Dari Rumah Untuk Cegah Corona
. https://nasional.kompas.com/read/2020/01/04/06531291/ Diunduh 4 Januari 2021
Nugroho, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran. Jurnal Transformatika, 9, No 2, (29)
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono,
B. A. (2020). Evaluasi Implemetasi Sistem Pembelajaran Online. Falultas Keguruan dan Ilmu Guruan UNIVERSITAS LAMPUNG. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71.–44.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Taufik, A. (2019). Perspektif tentang perkembangan sistem pembelajaran jarak jauh di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Guruan: Riset Dan Konseptual, 3(2), 88–98.
Undang-Undang Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003
Wahyudi, Rachmat. (2020). Konsekuensi Belajar Online Di Rumah. Retrived May 20.2020. https://www.balerumah.com/2020/03/konsekuensi Belajar Online Di Rumah. Diakses 4 Januari 2021
Wibawanto, T. (2020). Pemanfaatan Video Conference Dalam Pembelajaran Tatap Muka Jarak Jauh Dalam Rangka Belajar Dari Rumah. Jakarta. Tiga Raksa
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Pembelajaran untuk Siswa Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Guruan Islam Siswa Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489