UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN BUKU BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE IQRO MODIFIKASI PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 14 PEMULUTAN OGAN ILIR

Authors

  • Reza Nur Falah Universitas PGRI Palembang
  • Wdiya Cahya Kusuma
  • Windra Tamarani

Abstract

Abstrak

 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan mengenai meningkatnya keterampilan membaca menulis pada anak didik kelas 1 SD Negeri 14 Pemulutan dengan penggunaan buku belajar yang berjudul “Membaca dan menulis permulaan dengan metode iqro modifikasiâ€. Kajian ini memakai metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 4 siklus, dengan menggunakan beberapa tahap dalam penelitiannya seperti merencanakan, melaksanakan, observasi serta refleksi.Seluruh siswa SD yang berada pada kelas 1 dan bersekolah di SD negeri 14 pemulutan yang jumlahnya 19 siswa merupakan subjek penelitian yang dipakai dalam kajian ini, pada kelas ini terdiri dari 10 siswa dan 9 siswi. Teknik tes dan observasi merupakan teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data yang akan dipakai dalam penelitian. dari penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil yang memperlihatkan Jika nilai keterampilan membaca dan menulis permulaan para siswa dan siswinya sebuah peningkatan, hasil ini diketahui dari nilai rata-rata peserta didik dalam siklus I sejumlah 55,6, dan dalam siklus II terjadi peningkatan menjadi 67,  dalam siklus III mengalami peningkatan menjadi 75,5 dan dalam siklus IV terjadi peningkatan menjadi 85,2. dari tindakan observasi yang dilaksanakan memperlihatkan jika terjadi peningkatan pada keaktifan peserta didik, dalam siklus I sejumlah 66,8 dan dikategorikan aktif, dalam siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,1 dan dikategorikan aktif, dalam siklus III terjadi peningkatan menjadi 79 dan dikategorikan aktif, dalam siklus IV terjadi peningkatan menjadi 82,6 dan dikategorikan sangat aktif. dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah kesimpulan Jika dengan menerapkan buku “Membaca dan menulis permulaan dengan metode iqro modifikasi bisa memberikan peningkatan terhadap keterampilan membaca dan menulis dan juga bisa membâ€eri aktivitas tambahan bagi siswa dan siswi kelas 1 SD Negeri 14 Pemulutan

 Kata kunci: Buku Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi, ketrampilan Membaca dan Menulis Permulaan

 

 

Abstract

 This study aims to describe the improvement of the basic reading and writing skills of the first grade students at Elementry School number  14 Pemulutan with the book “Learning Basic Reading and Writing through Iqro Modification Methodâ€. This study uses the Classroom Action Research method which is carried out for 4 cycles, through the stages of research in the form of planning, implementation, observation, and reflection. The research subjects were class 1 students at SD Negeri 14 Pemulutan totaling 19 students, consisting of 10 other men and 9 women. Data collection techniques used are test and observation techniques. The results showed that the value of basic reading and writing skills students increased, this was seen from the average value of students in Cycle I of 55.6, in Cycle II increased to 67, in Cycle III increased to 75.5, and in Cycle IV increased to 85.2. From the results of observation, the activity of students has increased, in Cycle I amounting to 66.8 with active categories, in Cycle II increased to 76.1 with active categories, in Cycle III increased to 79 with active categories, and in Cycle IV increased to 82.6 in the very active category. The result of this study can be concluded that through the application of the book “Learning Basic Reading and Writing through Iqro Modification Method†can improve the basic reading and writing skills of the first grade students at Elementry School number  14 Pemulutan.

Keywords: Book Learning Basic Reading and Writing through Iqro Modification Method, basic reading and writing skills

References

Akhyar, Fitria. (2017). Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Textium.

Halimah, Andi. (2014). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. I(2): 191.

Iskandarwassid, dan D. Sunendar. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurinasih, Imas, dan B.Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Langi, Andi, dkk. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis dengan Menggunakan Kartu Huruf di Kelas I SDN 2 Wombo. Jurnal Kreatif Tadulako Online. IV(8): 89.

Mawarsih, Eko Siska, dkk. (2013) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Presatsi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo: Jurnal Pendidikan. I(3):5.

Muhyidin, Asep. (2015). Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas Awal. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Muhyidin, Asep, dkk. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. IV(1): 32.

Nafi’ah, S. Anisatun. (2018). Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media..

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, Abdullah Ridwan. (2014) Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet. (2014). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah dan Kelas Tinggi. Surakarta: UNS Press.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Supriyadi, dkk. (2017). Buku Ajar Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar: Tematik IPA, IPS dan Kesenian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar II(2): 220-224.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Ciputat: Kencana Prenadamedia Group.

Tamaya, Elma Excavanti, dkk. (2018). Membaca-Menulis sebagai Metode Belajar Analisis Meta-Teori. Jurnal Pendidikan. III(3): 350.

Tarigan, H.G. (2011). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, H. G. (2011). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-04-21