PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN KELUARGA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Bahri Bahri SDN 1 Pampangan OKI
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstrak

Wabah virus corona menimbulkan akibat yang buruk bagi manusia. Berbagai bidang kehidupan manusia terganggu. Tak lepas juga di bidang pendidikan, dampaknya siswa mengikuti pembelajaran dari rumah. Dalam pembelajaran di rumah mempunyai hal yang positif dalam pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk mengetahui apakah proses pembelajaran di rumah mampu mengembangkan pendidikan karakter pada siswa Sekolah Dasar. Kedua, nilai-nilai apa saja yang dikembangkan dari proses pembelajaran di rumah. Adanya dampak dari pembelajaran dirumah diantaranya terjalin komunikasi yang baik antara anak dan orang tua. Hal ini memberikan peluang untuk pengembangan nilai-nilai karakter seperti nilai religius, nilai disiplin, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai tanggung jawab. Dengan tercapainya pengembangan nilai karakter ini merupakan keberhasilan guru, orang tua dan masyarakat dalam bekerjasama dalam mendidik anak dalam pandemi COVID-19.

Kata kunci: belajar jarak jauh, pendidikan keluarga, nilai karakter

 

Abstract

The corona virus outbreak has had dire consequences for humans. Various areas of human life are disturbed. In addition, in the field of education, the impact is that students take lessons from home. In learning at home it has positive things in character education. The purpose of this research is first to find out whether the learning process at home is able to develop character education in elementary school students. Second, what values are developed from the learning process at home. The impact of learning at home includes good communication between children and parents. This provides opportunities for the development of character values such as religious values, disciplinary values, creative values, independent values, and responsibility values. The achievement of this character value development is the success of teachers, parents and the community in working together in educatingchildren in the COVID-19 pandemic.

Keywords: distance learning, family education, character values

References

Asrori M. 2011. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Dadang A. 2007. Mencerdaskan Potensi IQ, EQ, dan SQ. Bandung: PT Globalindo Universal Multi Kreasi.

Damayanti. 2016. Sukses Menjadi Guru Humoris dan Idola. Yogyakarta: Araska.

Gichara J. 2013. Mendidik Anak Sepenuh Jiwa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Gunarsa. 2014. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: Libri.

Hermawan H. 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya.

Istiqomah U. 2005. Merawat dan Mendidik Anak. Surakarta: PT Widya Duta Grafika.

Mumtaz F. 2019. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Surya M. 2006. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra U. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyono dan Hariyanto. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-05-07