PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Eldaroini Eldaroini SMP Negeri 1 Kayuagung
  • Yanuri Yanuri SMP Negeri 2 Kayuagung

Abstract

Abstrak

 Pendidikan karakter adalah upaya mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan baik atau memiliki ahlak mulia dan berkepribadian Indonesia.  Keberhasilan Pendidikan karakter mengisyaratkan   pembelajaran tidak serta merta dilihat dari pesepektif ranah kognitif saja melainkan bagaimana keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang muaranya adalah mewujudkan manusia seutuhnya.  Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya pendidikan karakter bangsa Pembelajaran dominan tidak dilakukan dengan tatap muka sehingga menjadi tantangan guru dalam proses pendidikan karakter tersebut. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang  digunakan adalah dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan strategi dalam penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19.

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pandemi Covid-19, Pembelajaran.

 

Abstract

 Character education is an effort to create a generation of people who are smart and good citizenship or have a noble character and personality of Indonesia. The success of character education implies that learning is not necessarily seen from the perspective of the cognitive domain only but rather how the balance of the cognitive, affective, and psychomotor domains whose origins are to realize a whole person. The current condition of the covid-19 pandemic is a challenge for the world of education, especially formal education in the effort to educate the nation's character. Dominant learning is not done face to face, so it becomes a challenge for teachers in the character education process. Therefore the aims of this reseach is to find out how strengthening character education in learning during covid pandemic 19. This research qualitative descriptive. Data collection techniques used is documentation. The result of this research shows there is a strategy in strengthening character education in learning during covid pandemic 19.

 Keywords: Character Education, Covid-19 Pandemic, Learning Process

Downloads

Published

2021-05-11