MEMBANGUN KREATIVITAS GURU DENGAN INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak
Â
Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pendemi covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tidak kecuali di Indonesia. Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dan pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan murid. Beban itu merupakan tanggung jawab semua elemen pendidikan khususnya negara dalam memfasilitasi kelangsungan sekolah bagi semua steakholders pendidikan guna melakukan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana mestinya Indonesia merencanakan, mempersiapkan, dan mengatasi pemulihan covid 19, untuk menekan kerugian dunia pendidikan di masa mendatang. Dengan adanya pandemi ini guru dituntut untuk membangun kreativitas dengan inovasi pembelajaran yang berbeda.
Â
Kata kunci: Covid, Kreativitas, Inovasi
Â
Abstract
Â
The temporary closure of educational institutions in an effort to contain the spread of the Covid-19 epidemic around the world has an impact on millions of students, not except in Indonesia. Disturbances in the direct learning process between students and teachers and the cancellation of learning assessments have an impact on the psychology of students and decrease the quality of student skills. This burden is the responsibility of all elements of education, especially the state in facilitating the continuity of schools for all educational stakeholders in order to carry out distance learning. How should Indonesia plan, prepare for and overcome the recovery of Covid 19, to reduce losses in the world of education in the future. With this pandemic, teachers are required to build creativity with different learning innovations.
Â
Keywords: Covid, Creativity, Innovation
References
Buchori, iM. i (2001). iTransformasi Pendidikan. iJakarta: iPustakaiSinar Harapan.
Cox, iC. i (1999). iTeachingilanguageiarts: iA student- andiiresponse-centered classroom. DesiMoines: iAllyniand Bacon.
DeiPorter, iB., i&iHernacki, iM. i (2002). Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Meyenangkan. Bandung: Kaifa.
Febianti, iY. iN. i (2014). iPeeriTeaching (TutoriSebaya) Sebagaii Metode Pembelajaran UntukiMelatihiSiswa Mengajar. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, i2(2), 80-87
Hasbullah, iM. i (2015). iKebijakan PendidikaniidalamiPerspektifiteori, kondisi objektifidiiIndonesia.iDepok: PT Rajagrafindo Persada.
PendidikanidaniiiiKebudayaan, iKeputusan Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus
Miradani, N. M. S., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2014). PengaruhiImplementasi Asesmen AutentikiiiiiiTerhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dengan Kovariabel Kecemasan Pada Siswa Kelas XI SMK PGRI Payangan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-11.
DEPDIKNAS. i (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Santika, iI. iG. iN., iKartika, iI. iM., i& Wahyuni, iN. iW. iR. i (2019). Pendidikan Karakter: iStudiiKasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa.
Santika, iI. iG. iN. i (2020). MenelisikiAkar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial.
TPIPiFIP-UPI. i (2007). iIlmuidaniAplikasi Pendidikan. iBandung: Imtima.
Goos, M. (2019). Publishing for International Impact in Mathematics Education Research Journals. In Leatham K. (ed), Designing,iConducting, and Publishing Quality Researchiin Mathematics Educationi(pp. 213-225). Switzerland:
Springer, iCham. Ellsworth, iJ. i (2001). iERIC DIGEST: iAiSurveyiofiEducational Change Models. iTeacheriLibrarian, 29(2), i22-24.