PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Masrah Kurniawati MAN I Kota Prabumulih
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstrak

 

Pada masa Pandemi Covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan yang berpengaruh pada dunia pendidikan. Social distancing, physical distancing, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB) merupakan penyebab pembelajaran tatap muka ditunda dan dilakukan pembelajaran jarak jauh (daring). Dengan keadaan seperti ini Profesionalisme guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di masa ini menjadi sebuah sikap yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan mengetahui profesionalisme guru bahasa Indonesia di masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode  deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 ini dengan meningkatkan kemampuan baik secara konseptual maupun aplikasinya. Kemampuan dalam bidang Teknologi Informasi (IT) dalam hal ini mampu menggunakan berbagai aplikasi E-learning, semisal Classroom  dan sosial media seperti WhatsApp (WA) dan Instagram (Ig).

 

Kata kunci: Covid-19, Profesionalisme, E-learning

 

Abstract

 

During the Covid-19 pandemic the government issued policies that affected the world of education. Social distancing, physical distancing, to large-scale social distancing (PSBB) are the causes for delayed face-to-face learning and distance learning (online). With these conditions, the professionalism of teachers in Indonesian language learning at this time is an attitude that must be carried out as well as possible. This study aims to determine the professionalism of Indonesian language teachers during the Covid-19 Pandemic. The research method used is descriptive method. The results showed that the professionalism of Indonesian language teachers during the Covid-19 pandemic was by increasing their abilities both conceptually and in application. Capability in the field of Information Technology (IT) in this case is able to use various E-learning applications, such as Classroom and social media such as WhassApp (WA) and Instagram (Ig)

 

Keywords: Covid-19, Profesionalisme, E-learning

References

Djuanda, D. 2014. Pembelajaran bahasa yang komunikatif dan menyenangkan. Sumedang:UPI Sumedang Press

Gulo, W. 2010. Metode Penelitian. Jakarta:Gramedia

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 21 Juni 2016].

Kemendikbud. 2020. Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta:Kemendikbud

Mashudi, Toha. Dkk. Karakteristik umum Pembelajaran di Sekolah dasar: http://masguruonline. wordpress.com/2013

Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Wahyono, Poncojari, dkk. 2020. “Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring†ejournal.umm. ac.id/ index.php/jppg

Downloads

Published

2021-05-11